LAYANAN RUMAH PINTAR DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TAMBAKREJO KELURAHAN TANJUNG MAS RW 16 KECAMATAN SEMARANG UTARA


Galuh Iva Ramadhani, 1601412071 (2017) LAYANAN RUMAH PINTAR DALAM MENGEMBANGKAN MINAT BACA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TAMBAKREJO KELURAHAN TANJUNG MAS RW 16 KECAMATAN SEMARANG UTARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (240kB) | Preview

Abstract

Rumah Pintar (RUMPIN) merupakan satuan pendidikan nonformal yang bertujuan untuk meningkatkan layanan pendidikan di daerah yang sulit terjangkau oleh pendidikan untuk memberdayakan potensi masyarakat di lingkungan sekitar. Salah satu sentra dalam RUMPIN adalah sentra buku. Sentra ini bertujuan untuk mengembangkan potensi membaca masyarakat di sekitar lingkungan RUMPIN. Permasalahan dalam penelitian ini addalah “Bagaimanakah layanan Rumah Pintar membantu menumbuhkan minat baca pa da anak usia 4-6 tahun?”. Objek penelitian ini adalah perkembangan minat baca anak di RUMPIN Tambakrejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan model deskriptif. Analisis data menggunakan teori dari Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca anak usia 4-6 tahun di Tambakrejo masih mengalami naik turun. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti lingkungan, cuaca, dan kondisi individu anak. Hasil ini diperoleh dari data wawancara dan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti selama hampir 2 bulan di RUMPIN Patra Sutera di Tambakrejo. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya layanan Rumah Pintar di Tambakrejo belum bisa mengembangkan minat baca anak usia 4-6 tahun di lingkungan RUMPIN. Hal ini dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan naik turunnya minat baca anak. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya RUMPIN Patra Sutera menambah koleksi buku, menambah kenyamanan tempat, serta memperbaharui metode pembelajaran sehingga anak lebih tertarik dan bersemangat untuk datang ke RUMPIN. Smart Home Solutions (RUMPIN) is a non-formal education unit that aims to improve education services in areas not easily reached by education to empower the potential of community in the neighborhood. One of the centers in RUMPIN is the center of the book. This center aims to develop the potential of people around the neighborhood read RUMPIN. The problem in this research is "How Smart House services help foster interest in reading among children aged 4-6 years?". The object of this research is the development of children's interest in RUMPIN Tambakrejo. The method used in this research is qualitative method with descriptive models. Analysis of the data using the theory of Miles and Hubberman, namely data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that the reading interest of children aged 4-6 years in Tambakrejo still experiencing ups and downs. It is caused by several factors, such as environment, weather and condition of the individual child. These results were obtained from interview and observation data has been done by researchers for nearly two months in Patra Sutera RUMPIN in Tambakrejo. Conclusions from this research is the presence services in Tambakrejo Smart House can not develop reading interest of children aged 4-6 years in the environment RUMPIN. It is seen from the results of studies showing the rise and fall children's interest. Suggestions from this study is RUMPIN Patra Sutera should add to the collection of books, adding to the convenience of the location, as well as updating her teaching methods so that children are more interested and excited to come to RUMPIN.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rumah Pintar, Minat baca, Anak, Smart House, interest in reading, Kids
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2018 18:37
Last Modified: 04 Apr 2019 18:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31654

Actions (login required)

View Item View Item