BUKU RIWAYAT KESEHATAN PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) BIDANG USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) PADA LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA


Dewi Safitri , 1601412058 (2017) BUKU RIWAYAT KESEHATAN PESERTA DIDIK SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK (SRA) BIDANG USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) PADA LEMBAGA PAUD DI KECAMATAN LAWEYAN KOTA SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (326kB) | Preview

Abstract

Pencatatan buku riwayat kesehatan peserta didik terutama pada lembaga PAUD sangat diperlukan untuk mengetahui status kesehatan peserta didik (apabila ada penyakit bisa diketahui sejak dini), dapat memantau penyakit yang diderita, dan dapat mencegah timbulnya penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pencatatan buku riwayat kesehatan peserta didik, peran petugas UKS, serta faktor pendukung dan penghambat dalam proses pencatatan buku riwayat kesehatan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi dalam menghimpun data. Teknis analisis data menggunakan model interaktif. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil analisis data yang telah dihimpun dari lapangan, proses pencatatan buku riwayat kesehatan peserta didik pada lembaga PAUD di Kecamatan Laweyan Kota Surakarta adalah sebagai berikut: (1) data pribadi dan riwayat penyakit: diperoleh saat pendaftaran dengan mengisi formulir pendaftaran dan formulir riwayat kesehatan anak, (2) pemeriksaan fisik: dilakukan secara berkala baik dari pihak Puskesmas maupun pihak lembaga PAUD, (3) pemeriksaan laboratorium: belum pernah dilaksanakan, (4) laporan kesehatan: masih berbentuk lembaran dan belum dibukukan. Peran petugas UKS : (1) pelaksanaan UKS: penyusunan rencana dan anggaran kegiatan setahun sekali, melaksanakan kegiatan sesuai perencanaan, serta melaksanakan penilain dan evaluasi secara insidental, (2) melaksanakan tiga program UKS: cuci tangan, gosok gigi, pemberian makanan tambahan, pemeriksaan kesehatan, pemberian suplemen, P3K, membuang sampah pada tempatnya, dan penghijauan, (3) menjalin kerjasama dengan orang tua melalui konseling dan parenting, serta menjalin kerjasama dengan Puskesmas dan Poliklinik, (4) Menyiapkan sekolah menjadi sekolah sehat kurang optimal dalam sarana dan prasarana, (5) melaksanakan ketatausahaan: menyimpan dokumen hasil pemeriksaan kesehatan peserta didik, (6) melaporkan hasil pemeriksaan kesehatan peserta didik kepada Puskesmas. Faktor pendukung: peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, tenaga kesehatan, lingkungan dan orang tua saling bekerjasama. Faktor penghambat: sarana dan prasarana kurang lengkap, khususnya terkait UKS, serta terkendala dalam pendanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku riwayat kesehatan, sekolah ramah anak, usaha kesehatan sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Educational Institutions
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2018 18:17
Last Modified: 05 Apr 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31649

Actions (login required)

View Item View Item