KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA DINI DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN DI KELOMPOK B RA AL - KAROMAH BATANG


Nabila Az Zahwa , 1601412052 (2017) KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA DINI DITINJAU DARI URUTAN KELAHIRAN DI KELOMPOK B RA AL - KAROMAH BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601412052.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (266kB) | Preview

Abstract

Kemampuan kerja sama sangat penting bagi anak karena kemampuan tersebut akan berpengaruh pada anak dalam bermasyarakat. Setiap orang memiliki kemampuan kerja sama yang berbeda-beda termasuk pada anak, karena dalam sebuah keluarga anak berada pada urutan masing-masing. Ada yang terlahir sebagai anak pertama atau anak sulung, ada yang terlahir sebagai anak tengah, dan ada juga yang terlahir sebagai anak terakhir atau anak bungsu. Urutan kelahiran (baik itu anak pertama, anak kedua atau seterusnya, anak tengah, anak tunggal, dan sebagainya) bisa berdampak besar pada perkembangan sifat, ciri-ciri, dan kemampuan pribadinya (Woolfson, 2004). Salah satu kemampuan pribadinya tersebut adalah kemampuan dalam bekerja sama. Kemampuan kerja sama dapat mengajarkan anak akan saling bersosialisasi dengan sesama dan saling membantu. Ahmadi (2004) mengungkapkan bahwa kerja sama merupakan usaha bersama dari 2 orang atau lebih untuk melaksanakan suatu tugas untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan kemampuan kerja sama anak usia ditinjau dari urutan kelahiran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif, yaitu penelitian yang membandingkan antara dua atau lebih kelompok dalam satu variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah RA kelompok B sekelurahan Kauman Batang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok B RA Al-Karomah berjumlah 45 anak yang terdiri dari 15 anak sulung, 15 anak tengah, dan 15 anak bungsu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan Skala Kemampuan Kerja Sama Anak Usia Dini. Sebaran data yang diperoleh menunjukkan data normal dan homogen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan F test. Dalam penelitian ini diperoleh hasil Fhitung sebesar 1,450 dan Ftabel sebesar 3,22, hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung<Ftabel yang berarti tidak terdapat perbedaan kemampuan kerja sama anak usia dini ditinjau dari urutan kelahiran antara anak sulung, anak tengah, dan anak bungsu. Berdasarkan kategorisasi kemampuan kerja sama anak usia dini ditinjau dari urutan kelahiran yang masuk dalam kategori tinggi adalah anak tengah sebanyak 11 anak dan anak bungsu sebanyak 8 anak, sedangkan kemampuan kerja sama anak sulung masuk dalam kategori sedang sebanyak 10 anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kerja Sama, Anak Usia Dini, Urutan Kelahiran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
L Education > Special Education > Early Childhood Education Programs
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2018 18:12
Last Modified: 05 Apr 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31647

Actions (login required)

View Item View Item