HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PROSES PEMILIHAN KEPALA DAERAH DENGAN PARTISIPASI POLITIK (Penelitian Pada Masyarakat Di Desa Kambangan Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo)


Meyninggar Dityanintyas , 1511412017 (2017) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PROSES PEMILIHAN KEPALA DAERAH DENGAN PARTISIPASI POLITIK (Penelitian Pada Masyarakat Di Desa Kambangan Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1511412017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (244kB) | Preview

Abstract

PILKADA merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat di daerah. Banyaknya perubahan prinsip otonomi yang berarti keleluasaan untuk mengatur daerahnya sendiri pada setiap daerah ternyata membawa kekecewaan masyarakat karena politik oligarki yang dilakukan DPRD dalam PILKADA. Fenomena yang sering muncul dalam pelaksanaan PILKADA langsung di antaranya adalah rendahnya angka pemilih yang menggunakan hak pilih (voters turnout). Rendahnya partisipasi politik ini mengakibatkan meningkatnya angka Golput dalam proses PILKADA. Permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan PILKADA baik pemilihan Gubernur maupun Bupati, dalam prosesnya masih tidak di lepaskan dari berbagai permasalahan. Permasalahan utama adalah Persepsi masyarakat yang sangat beragam tentang proses atau pelaksanaan PILKADA itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi masyarakat terhadap proses Pemilihan Kepala Daerah dengan partisipasi politik di desa Kambangan, kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo. Metode dasar dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif menggunakan penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Kambangan, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 221 responden yang diambil menggunakan teknik Quota Sample. Validitas dalam penelitian ini adalah validitas konstrak dengan hasil validitas dan reliabilitas partisipasi politik 0,916 dan persepsi 0,658. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi rxy = 0,896 dengan p = 0,000 (p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang di ajukan peneliti, yaitu “ada hubungan yang signifikan antara persepsi masyarakat dengan Partisipasi politik pada masyarakat desa Kembangan, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo”, diterima.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi , Partisipasi Politik, Pilkada
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 13 Nov 2018 18:02
Last Modified: 04 Apr 2019 17:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31644

Actions (login required)

View Item View Item