ANALISIS KESALAHAN LINGUISTIK YANG DILAKUKAN SISWA KELAS XI IIS 1 SMA N 1 DEMAK DALAM MENULIS KARANGAN DENGAN TEMA LA VIE FAMILIALE


Siti Nurkhayati , 2301412052 (2017) ANALISIS KESALAHAN LINGUISTIK YANG DILAKUKAN SISWA KELAS XI IIS 1 SMA N 1 DEMAK DALAM MENULIS KARANGAN DENGAN TEMA LA VIE FAMILIALE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESALAHAN LINGUISTIK YANG DILAKUKAN SISWA KELAS XI IIS 1 SMA N 1 DEMAK DALAM MENULIS KARANGAN DENGAN TEMA LA VIE FAMILIALE]
Preview
PDF (ANALISIS KESALAHAN LINGUISTIK YANG DILAKUKAN SISWA KELAS XI IIS 1 SMA N 1 DEMAK DALAM MENULIS KARANGAN DENGAN TEMA LA VIE FAMILIALE)
Download (414kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Bahasa Prancis dibagi menjadi empat keterampilan dasar yaitu keterampilan membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Menulis dan berbicara merupakan kompentensi produktif, namun kompetensi menulis lebih rumit karena dalam menulis pembelajar dituntut untuk memperhatikan aspek kebahasaan seperti tata bahasa, ejaan, dan kosa kata. Selain itu kesalahan dalam menulis dapat terlihat. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis di kelas XI angkatan 2016/2017 SMA Negeri 1 Demak, pada semester gasal, materi awal yang dipelajari siswa, yaitu tentang la vie familiale (kehidupan keluarga) diharapkan siswa mampu menuliskan karangan tentang keluarga. Akan tetapi waktu yang digunakan pada pelaksanaan keterampilan menulis lebih sedikit, sehingga siswa masih mengalami beberapa kesalahan dalam menulis. Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah apa saja kesalahan linguistik yang dilakukan siswa kelas XI IIS 1 SMA N 1 Demak dalam menulis karangan dengan tema la vie familiale. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja kesalahan linguistik yang dilakukan siswa kelas XI IIS 1 SMA N 1 Demak dalam menulis karangan dengan tema la vie familiale. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi untuk memperoleh hasil karangan siswa. Analisis data dilakukan berdasarkan teori aspek linguistik, yaitu leksikal, gramatikal, dan ortografi, yang kemudian dianalisis ke dalam kartu data. Hasil dari penelitian ini bahwa siswa kelas XI IIS 1 SMA N 1 Demak melakukan kesalahan linguistik dalam menulis karangan dengan tema la vie familiale yang meliputi kesalahan leksikal berupa tidak adanya l’article, ketidaktepatan dalam menentukan l’article, mengunakan kosa kata bahasa Indonesia, tidak adanya preposisi, pemilihan kata, kesalahan pemilihan kata sifat, menggunakan preposisi, dan kesalahan pronom personnel. Kesalahan gramatikal berupa mengkonjugasikan kata kerja, tidak adanya kata kerja, kesalahan l’accord de la profession (dalam kalimat), kesalahan l’accord de l’adjectif qualificatif (dalam kalimat), dan kesalahan l’accord de l’adjectif possessif. Kesalahan ortografi berupa tidak adanya l’accent, kesalahan menggunakan l’accent, dan kesalahan penulisan kata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Linguistik, Menulis, Karangan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PR English literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:43
Last Modified: 26 Jun 2019 19:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31643

Actions (login required)

View Item View Item