IDENTIFIKASI KARIR LULUSAN PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS TAHUN 2010-2015 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KARIR


Wiwik Handayani, 2301412046 (2016) IDENTIFIKASI KARIR LULUSAN PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS TAHUN 2010-2015 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KARIR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IDENTIFIKASI KARIR LULUSAN PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS TAHUN 2010-2015 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KARIR]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI KARIR LULUSAN PENDIDIKAN BAHASA PERANCIS TAHUN 2010-2015 UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KARIR)
Download (300kB) | Preview

Abstract

Lulusan pendidikan bahasa Perancis memiliki kesempatan kerja yang beraneka ragam baik di bidang pendidikan, pariwisata maupun ekonomi. Berdasarkan profil pendidikan prodi pendidikan bahasa Perancis, lulusan memiliki peluang kerja sebagai pengajar bahasa Perancis, penerjemah, konsultan bahasa dan pemandu wisata. Namun belum diketahui bagaimana karir lulusan yang meliputi jenis karir, gaji dan lokasi karir, apakah karir lulusan sesuai atau tidak sesuai dengan profil pendidikan dan apa sajakah faktor yang mempengaruhi pilihan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karir lulusan yang mencakup jenis karir, gaji dan lokasi karir, karir lulusan yang sesuai maupun yang tidak sesuai dengan profil pendidikan dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan karir lulusan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan memiliki pendekatan deskriptif. Sampel penelitian ini adalah lulusan tahun 2010-2015 prodi pendidikan bahasa Perancis Universitas Negeri Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1.) lulusan bekerja sebagai pegawai atau wirausaha (78 %), pengajar bahasa Perancis (17 %), pemandu wisata (5 %), lulusan rata-rata memperoleh gaji di atas UMR dan lulusan bekerja di pulau Jawa ; (2.) sebagian besar lulusan bekerja tidak sesuai dengan profil pendidikan ; (3.) faktor-faktor dominan yang mempengaruhi pilihan karir adalah faktor lingkungan yakni gaji (67%), prosedur seleksi (66%) dan peluang kerja (58%)

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jenis Karir, gaji, lokasi, faktor pilihan karir
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PR English literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:42
Last Modified: 26 Jun 2019 19:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31642

Actions (login required)

View Item View Item