IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMA N 1 KUDUS
Any Alfia , 2301412039 (2017) IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMA N 1 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) DALAM MATA PELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMA N 1 KUDUS)
Download (264kB) | Preview |
Abstract
Sistem Kredit Semester adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA/MA/SMK merupakan suatu upaya inovatif yang diterapkan guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. SKS biasanya diterapkan di Perguruan Tinggi dan masih sedikit sekolah menengah yang menerapkannya. Sudah banyak penelitian tentang implementasi SKS, namun belum ada penelitian mengenai penerapan SKS pada mata pelajaran bahasa Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penyelenggaraan dan implementasi Sistem Kredit Semester (SKS) pada mata pelajaran bahasa Prancis di SMA N 1 Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, di mana sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru bahasa Prancis, pembimbing Akademik, dan BK/Konselor di SMA N 1 Kudus. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk yang dikonstruk dari Panduan Pelaksanaan Sistem Kredit Semester (SKS) di SMA yang disusun oleh Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian SKS di SMA N 1 Kudus sudah cukup baik. Hal ini ditunjukan oleh data bahwa dari 45 indikator strategi penyelenggaraan, SMA N 1 Kudus telah memenuhi 27 indikator serta dari 52 indikator implementasi Sistem Kredit semester (SKS), SMA N 1 Kudus telah memenuhi indikator sebanyak 43 dan 9 indikator tidak terpenuhi. Perlu diadakan sharing antara pemerintah dan sekolah yang menyelenggarakan SKS guna mengetahui kekurangan-kekurangan untuk perbaikan sistem kedepannya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, SKS, bahasa Prancis. |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PR English literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 19:42 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 19:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31640 |
Actions (login required)
View Item |