MAKNA DAN FILOSOFI TATA RIAS DAN BUSANA PENGANTIN PUTRI SEKAR SALEKSO KOTA MAGELANG JAWA TENGAH


Sherli Marselina Bita, 5402413027 (2017) MAKNA DAN FILOSOFI TATA RIAS DAN BUSANA PENGANTIN PUTRI SEKAR SALEKSO KOTA MAGELANG JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402413027.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tata rias Pengantin Putri Sekar Salekso merupakan tata rias yang baru dan belum banyak dikenal oleh masyarakat sehingga penelitian ini bermaksud mencari makna dan filosofi pengantin Putri Sekar Salekso supaya masyarakat mengenal tata rias dan busana pengantin secara mendalam sehingga dapat dilestarikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Penelitian dilakukan di Magelang Jawa Tengah dengan narasumber perias dan budayawan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilakukan dengan memilih dan merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian secara keseluruhan pengantin Putri Sekar Salekso memiliki warna yang sangat dominan yaitu warna ungu hal ini terlihat dari gradasi warna tata rias wajah, dan busana yang dikenakan pengantin baik pengantin wanita dan pria. Temu gelang merupakan motif yang banyak digunakan terlihat dari sanggul, pinggiran busana pengantin, kain jarit yang digunakan, serta aksesoris yang digunakan pengantin. Makna dan filosofi temu gelang dua lingkaran yang saling bertemu memiliki makna bahwa cinta yang telah dibina oleh kedua mempelai tidak akan pernah ada putusnya. Motif bunga dan bunga mengandung filosofi tentang kesucian dan budi pekerti yang rupawan. Motif elang nukik mempunyai makna bahwa saat kita berada diatas jangan pernah segan untuk melihat kebawah, dan siap menolong, membantu yang dibawah dan bentuk paruh elang dapat menjadi simbol kekuatan, ketangguhan. Citak berbentuk paku dan godeg yang menjadi simbol kekuatan. Simpulan : 1.Tata rias wajah yang menggunakan warna bernunsa ungu, menggunakan paes didahi serta menggunakan sanggul temu gelang. 2.Busana pengantin terdiri dari kebaya panjang dengan kerah kutu baru berbentuk segitiga, beskap dengan dalaman krah sanghai, dan kain glang ceplok poh kantil dengan seret temu gelang. Makna dan filosofi secara keseluruhan bahwa pengantin sudah mengampil keputusan dengan bertekat bulat untuk memulai rumahtangga dengan cinta yang tak akan pernah ada putusnya. Saran : 1. HARPI lebih memperkenalkan tata rias pengantin Putri Sekar Salekso dengan mengadakan seminar dan pameran tata rias pengantin Putri Sekar Salekso 2. HARPI dan Dinas mengajukan hak cipta agar tata rias ini tidak diklaim oleh daerah ataupun negara lain dan memperbanyak upaya melestarikan. 3. Prodi Pendidikan Tata Kecantikan memperkenalkan tata rias pengantin baru khususnya tata rias pengantin Putri Sekar Salekso.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tata Rias Pengantin Putri Sekar Salekso, Busana Pengantin Putri Sekar Salekso, Makna dan Filosofi
Subjects: L Education > Special Education
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Nov 2018 16:11
Last Modified: 04 Apr 2019 14:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31634

Actions (login required)

View Item View Item