PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)


Dhamaris Marthuria , 4401405046 (2010) PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MENGGUNAKAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) belum secara optimal meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dan diduga dapat ditingkatkan dengan penggunaan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemanfaatan multimedia interaktif pada pembelajaran sistem peredaran darah menggunakan model TGT terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian dirancang sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Subjek kelas eksperimen yaitu kelas dengan pembelajaran memanfaatkan multimedia interaktif menggunakan model TGT dan subjek kelas kontrol yaitu kelas dengan pembelajaran menggunakan model TGT. Penelitian dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 11 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010 materi sistem peredaran darah. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pemanfaatan multimedia interaktif pada materi sistem peredaran darah. Aktivitas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Guru, waktu belajar, model pembelajaran TGT dan jenis materi yang diajarkan sebagai variabel kendali. Data berupa hasil belajar, aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru masing-masing diambil dengan tes, lembar observasi dan angket. Data hasil belajar dianalisis dengan uji t sedangkan data aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan tanggapan guru dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil perhitngan uji t satu pihak menunjukkan t hitung 2,33 > t tabel 1,67 sehingga ada perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol serta rerata keaktifan siswa kelas eksperimen dalam pembelajaran sebesar 77,12% yang termasuk dalam kategori aktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan multimedia interaktif pada pembelajaran sistem peredaran menggunakan model TGT meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa di SMP 11 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, Team Game Tournament (TGT), hasil belajar, aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2011 01:56
Last Modified: 25 Apr 2015 05:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3163

Actions (login required)

View Item View Item