PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR RIAS BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR


Hening Jiwanti, 5402412030 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DASAR RIAS BERBASIS APLIKASI ANDROID MENGGUNAKAN APP INVENTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402412030.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Globalisasi tidak terlepas dari semakin cepatnya perkembangan teknologi. Kemajuan dunia pendidikan sudah semestinya berbanding lurus dengan kemajuan teknologi, seperti penggunaan media pembelajran yang berbasis teknologi. Namun sekarang ini masih banyak tenaga pendidik yang menggunakan media pembelajaran konvensional seperti menggunakan microsoft power point. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk membuat pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android untuk mata kuliah dasar rias menggunakan app inventor. Tujuan penelitia ini adalah Mengetahui bagaimana validitas media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan App Inventor dan bagaimana efektifitas pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android menggunakan App Inventor pada mata kuliah dasar rias. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analysist, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan angket penilaian ahli, angket tanggapan mahsiswa, lembar tes hasil belajar praktik. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase untuk menghitung penilaian ahli dan angket tanggapan siswa, uji-t sampel related untuk mengetahui peningkatan hasil belajar antara pretest dan posttest, uji gain untuk mengetahui besarnya peningkatan pretest dan posttest. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis aplikasi android dibuat dengan software online MIT app Inventor. Validitas media pembelajaran yang dikembangkan ditunjukkan dari hasil penilaian ahli media dengan presentase 88,8%, ahli materi dengan presentase 75%, ahli teknologi pendidikan dengan presentase 95%. Rata-rata penilaian ahli adalah sebesar 85,2 dengan kriteria sangat layak, sehingga dapat disimpulkan media yang dikemangkan valid. Efektifitas media pembelajaran yang dikembangakan dapat dilihat dari adanya peningkatan hasil belajar praktik dasar rias secara signifikan yang terbukti oleh hasil thitung = 56,8 > ttabel = 2,1 dengan taraf signifikansi 0,5. Berdasarkan analisis uji gain mendapatkan skor gain sebesar 0,74. Nilai tersebut diinterpretasikan kedalam nilai gain diperoleh efektifitas media yang dikembangkan tergolong dalam kriteria tinggi. Selain itu hasil dari angket tanggapan mahasiswa diperoleh kriteria sangat positif dengan persentase tanggapan sebesar 94,11%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, aplikasi android, validitas, efektifitas, dasar rias
Subjects: L Education > Special Education
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2018 16:07
Last Modified: 05 Apr 2019 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31628

Actions (login required)

View Item View Item