EFEKTIVITAS MEDIA EDMODO PADA MATA KULIAH RIAS PENGANTIN JAWA DI PRODI TATA KECANTIKAN UNNES


Indah Luky Saksiani, 5402412007 (2017) EFEKTIVITAS MEDIA EDMODO PADA MATA KULIAH RIAS PENGANTIN JAWA DI PRODI TATA KECANTIKAN UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5402412007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Media edmodo merupakan media yang diharapkan dapat mengantarkan mahasiswa untuk belajar mandiri untuk membantu menyeimbangkan antara pembelajaran secara teori dengan pembelajaran secara praktek. Interaksi dan keaktifan baik dari dosen, mahasiswa, ataupun orang tua atau wali yang merupakan kunci dalam melakukan pembelajaran mandiri, sehingga hasil belajar akan menjadi lebih baik dari segi teori ataupun praktek. Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui validitas media edmodo pada mata kuliah rias pengantin jawa di prodi Tata Kecantikan Unnes 2) untuk mengetahui efektivitas media edmodo pada mata kuliah rias pengantin jawa di prodi Tata Kecantikan Unnes. Penelitian ini merupakan penelitian RnD eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design, validitas instrumen menggunakan expert judgment. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa prodi Tata Kecantikan Unnes 2014 berjumlah 37 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling sebesar 37 mahasiswa Tata Kecantikan Unnes 2014 yang mengambil mata kuliah rias pengantin jawa tahun 2016. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji- t, uji n- gain, dan deskriptife persentase. Hasil penelitian validasi produk berdasarkan analisa mean= 3,52 , median= 4, dan modus= 4 dengan demikian menunjukkan bahwa media edmodo dalam kategori sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran sedangkan hasil penelitian keefektifan media edmodo berdasarkan hasil belajar kognitif dengan uji normalitas hasil pretest χ2 hitung adalah 5,08 < 7,81 postest χ2 hitung adalah 4,92 < 7,81 sehingga berdistribusi normal, uji- t thitung= 13,28 > 2,028 jadi H1 diterima, uji n- gain 47,1% dengan kriteria sedang. Hasil belajar afektif memperoleh mean= 3, 69 dengan kriteria sangat baik, serta hasil belajar psikomotorik memperoleh mean= 3,62, selain itu hasil tanggapan mahasiswa diperoleh 65%, tanggapan dosen 71%, dan tanggapan orang tua 64%. Kesimpulan: 1) media edmodo valid digunakan sebagai media pembelajaran dengan kategori sangat baik, 2) media edmodo efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam mata kuliah rias pengantin Jawa di prodi Tata Kecantikan Unnes dengan hasil ranah kognitif kriteria sedang, ranah afektif kriteria sangat baik, ranah psikomorik kriteria sangat baik. Saran sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang tepat, memberikan motivasi yang kuat terhadap mahasiswa dalam belajar, perlu adanya pembiasaan dalam menggunakan media edmodo, serta perlunya motivasi yang sangat kuat dari tenaga pendidik, masyarakat harus belajar dan membuka pikiran tentang teknologi agar tidak tertinggal dalam perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Edmodo, Media Pembelajaran, Rias Pengantin Jawa
Subjects: L Education > Special Education
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY4 Tata Kecantikan S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Kecantikan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2018 16:03
Last Modified: 05 Apr 2019 14:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31627

Actions (login required)

View Item View Item