PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM KELISTRIKAN BODI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING


Oki Rizky Rodina , 5201410080 (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM KELISTRIKAN BODI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM KELISTRIKAN BODI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM KELISTRIKAN BODI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi terutama di bidang otomotif sangat mempengaruhi performa dari masing-masing kendaraan, tapi pada dasarnya setiap kendaraan menggunakan sistem kelistrikan yang hampir sama. Sistem kelistrikan merupakan materi pelajaran yang menuntut guru dan siwa untuk bekerjasama dalam proses pembelajaran agar materi yang tersampaikan terserap dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa dalam memberikan umpan balik kepada guru ialah model pembelajaran SFAE (Student Facilitator And Explaining). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada SMK Ma’Arif NU 1 Semarang setelah diterapkan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada kompetensi dasar memelihara sistem kelistrikan bodi. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan variabel yaitu model ceramah dan model Student Facilitator And Explaining (SFAE). ). Objek penelitian ini adalah variabel penelitian yang meliputi model ceramah dan Model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode tes, dan metode dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu instrumen tes kognitif dan tahap uji coba perangkat tes yang kemudian diukur menggunakan validitas dan reliabilitas. Hasil belajar kognitif menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dan sudah memenuhi kriteria ketuntasan. Hasil analisis ranah afektif siswa dari siklus I ke siklus II menunjukkan adanya peningkatan. Hasil belajar ranah psikomotorik menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Student Facilitator And Explaining (SFAE) pada mata pelajaran produtif di SMK Ma’Arif NU 1 Semarang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, baik ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Saran penelitian ini adalah guru hendaknya memberi penghargaan kepada siswa agar siswa dapat termotivasi, model pembelajaran SFAE dapat dijadikan alternatif untuk memvariasikan model pembelajaran, dan peneliti yang lain dapat meneliti aspek ranah afektif dan psikomotorik yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar, SFAE, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:41
Last Modified: 26 Jun 2019 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31608

Actions (login required)

View Item View Item