KEEFEKTIVITAS PENERAPAN COMPETENCY BASED TRAINING KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BEWIRAUSAHA SISWA SMK IPT KARANGPANAS SEMARANG


Mikhael David Hadi Kusuma , 5201410012 (2017) KEEFEKTIVITAS PENERAPAN COMPETENCY BASED TRAINING KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BEWIRAUSAHA SISWA SMK IPT KARANGPANAS SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIVITAS PENERAPAN COMPETENCY BASED TRAINING KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BEWIRAUSAHA SISWA SMK IPT KARANGPANAS SEMARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIVITAS PENERAPAN COMPETENCY BASED TRAINING KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BEWIRAUSAHA SISWA SMK IPT KARANGPANAS SEMARANG)
Download (246kB) | Preview

Abstract

Sulitnya lulusan SMK mendapatkan pekerjaan setelah lulus disebabkan kurangnya bekal pengetahuan terapan ilmu. Penelitian ini menerapkan bentuk pembelajaran praktek yang ditekankan untuk menumbuhkan minat siswa untuk berjiwa wirausaha dengan menerapkan Competency Based Training (CBT) berdasar Otto and Glaser. Training diterapkan dengan lima langkah kegiatan yakni 1) menganalisis masalah kebutuhan siswa, 2) merumuskan dan mengembangkan tujuan pelatihan, 3) memilih bahan pelatihan, media belajar, metode dan teknik pelatihan, 4) menyusun kurikulum dan unit satu mata latih dan topik pelatihan, 5) menilai hasil. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan minat siswa berwirausaha setelah diberi pelatihan, dan mendiskripsikan adanya pengaruh posistif pelatihan CBT terhadap minat siswa berwirausaha yang ditunjukkan dengan minat siswa yang mendapat pelatihan lebih tinggi dari pada yang tidak mendapat pelatihan. Penelitian ini dikerjakan dengan mix method yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK kelas XI yang terdiri dari 4 kelas (TKR 1 sd 4). Dengan teknik purposive sampling diambil 2 kelas terpilih TKR1 sebagai kelas eksperimen dan TKR2 kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah pelaksanaan pelatihan CBT sebagai variabel independen dan minat siswa berwirausaha sebagai variabel dependen. Cara ambil datanya dengan angket. Data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan uji banding t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah siswa diberi pelatihan sesuai perosedur Otto dan Glaser, materi kewirausahaan dan praktek simulasi dapat membawa siswa berminat melakukan wirausaha, berdasar angket diperoleh ratarata 77,16 (kriteria tinggi). Berdasar uji t rata-rata minat kelas eksperinen tersebut lebih baik dari pada rata-rata minat kelas control sebesar 69,59. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan pelatihan CBT berpengaruh positif terhadap minat siswa berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Competency Based Trainings, minat berwirausaha
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:41
Last Modified: 26 Jun 2019 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31603

Actions (login required)

View Item View Item