RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA PANTAI PAPUMA KABUPATEN JEMBER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS


Agnes Aditya Subagyo , 5112413041 (2017) RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA PANTAI PAPUMA KABUPATEN JEMBER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA PANTAI PAPUMA KABUPATEN JEMBER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS]
Preview
PDF (RESORT HOTEL DI KAWASAN WISATA PANTAI PAPUMA KABUPATEN JEMBER DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Jember salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur dan merupakan kabupaten ketiga terbesar di Jawa timur setelah Banyuwangi dan Malang. Kabupaten Jember memiliki potensi yang bagus dibidang pariwisata, Setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi wisatawan baik dari dalam maupun luar. Potensi wisata di kabupaten Jember yang terkenal adalah potensi wisata alam, salah satunya adalah pantai Papuma.Karena potensinya ini pantai Papuma selalu menjadi tujuan utama wisatawan ketika datang ke Jember. Pantai ini terletak di desa Lojejer kecamatan Wuluhan, letaknya kurang lebih 40 km ke arah selatan kabupaten Jember. Pantai Papuma merupakan salah satu terindah yang ada di Jawa Timur, pantai ini memiliki kompleksitas alam yang sangat menunjang yang memiliki 7 bukit batu karang, pasir putih dan air laut berwarna hijau toska. Saat ini akomodasi penginapan di kawasan wisata pantai Papuma masih terbatas, Oleh karena itu perlu adanya penambahan fasilitas penginpan seiring bertambahnya wisatawan pantai Papuma setiap tahunnya. Resort hotel adalah salah satu jenis penginapan yang cocok untuk daerah pantai Papuma sebagai tempat peristirahatan dengan fasilitas pelengkapnya. Perencanaan resort hotel akan menggunakan pendekatan Arsitektur Ekologis dengan memanfaatkan potensi alam yang ada dan mengedepankan prinsip hemat energi. Penerapan konsep arsitektur ekologis pada bangunan resort hotel diterapkan sistim teknis, sistim kinerja dan konsep arsitektural. Sistim teknis pada bangunan resort hotel yaitu penekanan penggunaan pencahayaan dan penghawaan alami, pengolahan kembali air hujan dan air kotor, penggunaan energi terbarukan seperti energi surya. Untuk sistim kinerja menggunakan struktur bangunan yang lebih efisien dan cocok dengan konsep arsitektur ekologis. Untuk konsep arsitektural pada bangunan resort hotel yaitu bentuk bangunan menyesuaikan dengan respon terhadap potensi site, penggunaan material bangunan, penerapan vegetasi pada bangunan, konsep eksterior, konsep interior dan konsep landskap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pantai Papuma, Resort Hotel, Arsitektur Ekologis.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:39
Last Modified: 26 Jun 2019 19:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31583

Actions (login required)

View Item View Item