TAMAN WISATA EDUKATIF DAN PENANGKARAN BURUNG HANTU DI DEMAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS


APRILIA DWIKI HARSANTI , 5112412059 (2017) TAMAN WISATA EDUKATIF DAN PENANGKARAN BURUNG HANTU DI DEMAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TAMAN WISATA EDUKATIF DAN PENANGKARAN BURUNG HANTU DI DEMAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS]
Preview
PDF (TAMAN WISATA EDUKATIF DAN PENANGKARAN BURUNG HANTU DI DEMAK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Demak merupakan salah satu kabupaten yang manjadi penyangga pangan nasional.Namun ironisnya saat ini hasil produksi pertanian Indonesia khususnya di Demak tidak memiliki kemajuan yang cukup berarti.Turunnya hasil pertanian baik di Indonesia maupun di Demak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya munculnya hama tikus yang merusak hasil pertanian. Petani Demak sudah berupaya keras membasmi tikus, baik dengan cara pengasapan pada lubang lubang tikus, melakukan grobyokan bersama warga setempat maupun menggunakan bahan-bahan kimia pembasmi tikus. Akan tetapi upaya upaya ini dirasa kurang efektif dan warga setempat mengaku lelah karena upaya ini harus dilakukan berulang kali karena tikus selalu muncul terus menerus. hinggaPada tahun 2011 muncul ide alternatif cara membasmi tikus, yaitu dengan upaya pemberantasan hama tikus dengan memanfaatkan salah satu hewan predator yaitu burung hantu jenis tyto alba. Burung hantu tentu memberi manfaat tersendiri terhadap petani DesaTlogoweru. Namun tidak banyak orang yang tahu bahwa burung hantu memiliki keunikan tersendiri, bahkan masih banyak orang yang beranggapan burung hantu adalah hewan yang menyeramkan atau menakutkan. Tidak heran apabila banyak yang beranggapan spesies burung ini menakutkan, karena memang burung hantu merupakan predator dan burung ini cenderung beraktifitas di malam hari. Namun dibalik itu semua, burung hantu memiliki keunikan tersendiri baik dari sifat mereka yang dapat menjadi sangat ramah ataupun kebiasaan unik mereka. Salah satu keunikannya adalah walaupun burung hantu ini tergolong hewan buas namun burung hantu dapat dengan mudah beradaptasi dengan manusia.hal ini tentu dapat menjadikan burung hantu menjadi daya tarik wisatawan. Namun pada daerah ini belum dapat memfasilitasi wisatawan untuk menikmati keunikan yang ada di Desa ini. Dari beberapa topik inilah muncul gagasan perancangan Taman Wisata Edukatif dan Penangkaran Burung Hantu yang dapat memfasilitasi sarana rekreasi maupun sarana edukasi baik berupa edukasi mengenai pengembangbiakan burung hantu tyto alba maupun edukasi mengenai berbagai jenis burung hantu eksotis lainnya. Salah satu hal lain yang menjadi latar belakang perancangan Taman Wisata Edukatif dan Penangkaran Burung Hantu ini adalah semakin banyaknya spesies jenis burung hantu yang berada di ambang kepunahan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Taman Wisata Edukatif, Penangkaran Burung Hantu, Tyto Alba, Demak
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:38
Last Modified: 26 Jun 2019 19:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31574

Actions (login required)

View Item View Item