SALEM BATIK CENTRE DI BREBES SEBAGAI SARANA PELATIHAN, PENGEMBANGAN, DAN REKREASI BATIK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR


MUHAMMAD FERSI NURUL HAQ, 5112412042 (2016) SALEM BATIK CENTRE DI BREBES SEBAGAI SARANA PELATIHAN, PENGEMBANGAN, DAN REKREASI BATIK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SALEM BATIK CENTRE DI BREBES SEBAGAI SARANA PELATIHAN, PENGEMBANGAN, DAN REKREASI BATIK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR]
Preview
PDF (SALEM BATIK CENTRE DI BREBES SEBAGAI SARANA PELATIHAN, PENGEMBANGAN, DAN REKREASI BATIK DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR)
Download (16MB) | Preview

Abstract

Batik merupakan warisan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia dan telah diakui oleh Unesco sebagai warisan budaya asli Indonesia. Batik tersebar hampir diseluruh daerah di Indonesia, dan masing-masing daerah memiliki ciri khas batik yang berbeda-beda. Hal ini menjadikan batik banyak diminati oleh banyak orang. Misalnya saja Batik Khas Brebes yang dikenal dengan nama batik Salem. Batik Salem yang saat ini sudah di promosikan melalui pameran di berbagai event. Batik ini diprosmosikan bukan hanya di Kabupaten brebes, batik salem sudah menembus pasar-pasar Mancanegara seperti Malaysia dan Singapura. Namun wawasan masyarakat yang tinggal di kota tentang batik salem belum meluas, karena pusat pemasaran mereka hanya terpaku pada industri rumahan yang melayani pemesanan, memasarkan ke kota melalui agen, dan memasarkan melalui event-event maupun kerjasama antar bidang yang saling terkait. Hal ini tidak dapat membuat kondisi batik salem meluas. Produksinya hanya berupa industri rumahan, tidak ada tempat yang memberikan fasilitas lengkap. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan sebuah bangunan yang terintegrasi antara pusat pelatihan batik, pengembangan batik, dan rekreasi batik. Didapatkan konsep perencanaan dan perancangan yang nantinya mendasari Salem Batik Centre. Mengedepankan pada Visual bangunan yang menekankan desain arsitektur neo-vernakular pada terapan bangunan fisiknya untuk tetap menampilkan elemen-elemen daerah setempat sehingga tetap menjaga ciri khas Kabupaten Brebes dan juga penambahan beberapa bagian visual bangunan yang modern untuk menarik pengunjung dari luar brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Batik Centre, Batik Salem, Neo Vernakular,Kabupaten Brebes
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 16:12
Last Modified: 26 Jun 2019 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31571

Actions (login required)

View Item View Item