REKONSTRUKSI BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Mukti Sari , 2101413043 (2017) REKONSTRUKSI BUTIR SOAL ULANGAN TENGAH SEMESTER MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101413043.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (264kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan informasi yang telah diperoleh penulis, belum pernah dilakukan kegiatan analisis kualitas butir soal terhadap soal ulangan tengah semester mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 3 Semarang. Guru tidak mengetahui kelaikan soal yang telah diujikan dan belum pernah diadakan kegiatan memperbaiki/ merekonstruksi soal yang tidak laik/ tidak sesuai dengan ketentuan validitas item, indeks tingkat kesukaran, dan keefektifan distraktor. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah kualitas butir soal ulangan tengah semester (UTS) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Semarang secara kualitatif berupa validitas isi?; (2) Bagaimanakah kualitas butir soal ulangan tengah semester (UTS) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Semarang secara kuantitatif berupa validitas butir soal/item, reliabilitas, indeks tingkat kesukaran (ITK), indeks daya beda (IDB), serta keefektifan distraktor/ pengecoh?; (3) Bagaimanakah rekonstruksi butir soal ulangan tengah semester (UTS) mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 3 Semarang berdasarkan analisis butir soal? Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif. Fokus penelitian ini adalah kualitas butir soal secara kualitatif, kualitas butir soal secara kuantitatif, dan rekonstruksi butir soal. Data dalam penelitian ini berupa kualitas butir soal sedangkan sumber data berupa soal ulangan tengah semester (UTS) mata pelajaran bahasa Indonesia, kisi-kisi ulangan tengah semester, kunci jawaban, lembar jawab siswa, dan daftar nama siswa yang mengikuti UTS. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal tes bahasa Indonesia dan pedoman dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik analisis validitas isi, sedangkan analisis secara kuantitatif menggunakan bantuan program aplikasi Anates V4. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis dilakukan kegiatan rekonstruksi terhadap soal-soal yang tidak laik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal pilihan ganda yang dianalisis ditinjau dari analisis validitas isi berupa aspek materi, konstruksi, dan bahasa/ budaya memiliki kategori direvisi karena dinyatakan memiliki kadar validitas sedang. Ditinjau dari analisis validitas item, terdapat 7 (14%) butir soal berkategori sangat signifikan, terdapat 8 (16%) butir soal berkategori signifikan, dan terdapat 35 (70%) butir soal berkategori tidak signifikan. Analisis reliabilitas menunjukkan kategori sedang dengan hasil reliabilitas sebesar 0,47. Ditinjau dari iii analisis indeks tingkat kesukaran, terdapat 37 (74%) butir soal berkategori sangat mudah, terdapat 4 (8%) butir soal berkategori mudah, terdapat 6 (12%) butir soal berkategori sedang, terdapat 2 (4%) butir soal berkategori sukar, dan terdapat 1 (2%) butir soal berkategori sangat sukar. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tes tersebut tidak memiliki perbandingan soal tes yang ideal. Ditinjau dari analisis indeks daya beda, terdapat 34 (68%) butir soal berkategori jelek, terdapat 14 (28%) butir soal berkategori cukup, dan terdapat 2 (4%) butir soal berkategori baik. Ditinjau dari analisis keefektifan distraktor/ pengecoh, terdapat 1 (2%) butir soal berkategori diterima, terdapat 23 (46%) butir soal berkategori revisi distraktor, dan terdapat 26 (52%) berkategori ditolak. Rekonstruksi butir soal didasarkan atas analisis validitas item, indeks tingkat kesukaran, dan keefektifan distraktor. Berdasarkan hasil analisis tersebut terdapat 11 (22%) butir soal yang harus direkonstruksi. Rekonstruksi yang dilakukan terhadap butir-butir soal tersebut yaitu direvisi dari aspek materi, konstruksi, dan bahasa/budaya. Selain itu rekonstruksi dilakukan dengan pengubahan terhadap kalimat bahkan pengubahan terhadap isi teks yang menjadi acuan pertanyaan, serta ada beberapa pengubahan pertanyaan namun tidak mengubah esensi pokok pertanyaan sebelumnya. Selain itu, dilakukan pula penambahan jumlah kalimat pada setiap teks agar teks memiliki isi yang lebih kompleks sehingga indeks tingkat kesukaran lebih tinggi dari sebelumnya dan distraktor lebih berfungsi efektif. Berdasarkan penelitian tersebut, diperlukan kegiatan analisis butir soal untuk mengetahui kualitas soal yang diujikan. Selain itu, soal-soal rusak/ tidak laik yang diperoleh dari hasil analisis tersebut dapat direkonstruksi sehingga soal yang disusun dapat berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: rekonstruksi, analisis kualitatif, analisis kuantitatif, soal bahasa Indonesia
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 30 Jul 2018 16:14
Last Modified: 30 Jul 2018 16:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31551

Actions (login required)

View Item View Item