VARIASI PEMBELAJARAN GEGURITAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN


Yuni Kurniyawati , 2102406044 (2010) VARIASI PEMBELAJARAN GEGURITAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of VARIASI PEMBELAJARAN GEGURITAN  DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (VARIASI PEMBELAJARAN GEGURITAN DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (616kB) | Preview

Abstract

Geguritan merupakan salah satu materi bahasa Jawa yang diajarkan di SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan. Agar materi geguritan dapat diterima oleh siswa dengan mudah, maka guru harus terampil dalam mengelola pembelajaran. Salah satu keterampilan dasar yang harus dikuasi guru, yaitu keterampilan mengadakan variasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana variasi metode, media, materi, dan evaluasi pembelajaran geguritan di SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan variasi pembelajaran geguritan di SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru bahasa Jawa di SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan dan pelaksanaan pembelajarannya. Data penelitian ini berupa variasi pembelajaran geguritan yang meliputi metode, media, materi, dan evaluasi. Dalam pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik pilah dan disajikan dengan metode informal. Hasil penelitian ini adalah variasi pembelajaran geguritan di SMA Negeri se-Kabupaten Grobogan, yaitu (1) variasi metode, meliputi metode pemodelan untuk aspek menyimak, metode diskusi untuk aspek berbicara, metode demonstrasi untuk aspek membaca, dan metode objek langsung untuk aspek menulis; (2) variasi media, meliputi media elektronik yaitu kaset geguritan (pita), kaset macapat (pita), VCD geguritan, dan power point, sedangkan media nonelektronik yang digunakan, yaitu (a) buku teks: Kabeh Seneng Basa Jawa, Kulina Basa Jawa, lan Sinau Basa Jawa, (b) LKS: Kresna, Star Idola, Kharisma, (c) majalah Panjebar Semangat, dan (d) buku kumpulan geguritan yang berjudul Pisungsung (antologi geguritan dan cerkak) (3) variasi materi yang disajikan adalah geguritan dengan judul Bima Suci, Luhing Katresnan, Gangsir, Gandrung, Sungkemku Ibu, Jaman Bubrah, Wis dadi Tekadku, Keplayu, Kahanan Peteng, Gurit Kanggo Ibu, Kidung Perawan, Lading Landhep, Wasiat, Lampu Blencong, dan Surat Budheg; (4) variasi evaluasi yang digunakan, meliputi evaluasi jenis tes yaitu tes tertulis dan tes praktik, sedangkan evaluasi non tes yang digunakan adalah daftar cek. Berdasarkan temuan tersebut, saran yang diberikan kepada guru bahasa Jawa, yaitu dalam pembelajaran geguritan, khususnya untuk aspek menyimak, guru hendaknya membagikan teks geguritan yang sedang dibacakan oleh model kepada para siswa, agar siswa lebih jelas dalam menyimak. Penelitian ini merupakan penelitian awal dan hasil penelitian masih belum optimal, oleh karena itu sangat disarankan adanya penelitian lanjutan dengan sumber data yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran geguritan, variasi pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2011 04:47
Last Modified: 25 Apr 2015 05:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3155

Actions (login required)

View Item View Item