IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN KKPI KELAS X DI SMK VIP MA’ARIF NU 1 KEMIRI PURWOREJO


Fauzi Agus Nugroho , 5302412006 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TGT MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN KKPI KELAS X DI SMK VIP MA’ARIF NU 1 KEMIRI PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (756kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh penerapan system pembelajaran konvensional secara terus menerus tanpa variasi. Kurangnya variasi dalam pembelajaran dapat menjadi kendala dalam pembentukan pengetahuan siswa secara aktif dan siswa menjadi mudah bosan. Siswa juga menjadi kurang antusias dalam bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI kelas X juga masih banyak yang berada di bawah criteria ketuntasan minimum. Dari latar belakang tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan serta peningkatan hasil belajar antara model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) dengan ceramah. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan pola desain Non Equivalent Control Group Design. Desain ini control atau pengandalian variable tidak bias dilakukan secara ketat. Populasi pada penelitian ini yaitu semua kelas X yang terdapat mata pelajaran KKPI. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X Ototronik 1 dan kelas X Ototronik 2 yang berjumlah 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Analisis data menggunakan analisis Uji-t dan Uji N-Gain. Hasil penelitian Uji-t hasil belajar didapatkan t hitung 3,277 dan t tabel 1,999 rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 79,38 dan kelas kontrol 73,30. Hasil tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian Uji N-Gain yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kelas eksperimen. Rata – rata pretest kelas eksperimen yaitu 54,79 sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yaitu 79,03, sehingga hasil Uji N-Gain pada kelas eksperimen mengalami peningkata sebesar 44,27%. Dapat disimpulkan bahwa ada nya perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajran TGT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : model TGT (Teams Games Tournamet), hasil belajar, non equivalent control group design, simple puposive sampling
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
T Technology > Information and Computer > Website
T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 27 Jul 2018 18:03
Last Modified: 27 Jul 2018 18:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31543

Actions (login required)

View Item View Item