PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF MENGGALI INFORMASI DAN MENDEMONSTRASIKAN TEKS PERMAINAN TRADISIONAL BERMUATAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SD


Afif Restu Fauzi , 2101412177 (2017) PENGEMBANGAN CD INTERAKTIF MENGGALI INFORMASI DAN MENDEMONSTRASIKAN TEKS PERMAINAN TRADISIONAL BERMUATAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS III SD. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412177.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (658kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, saat ini CD interaktif untuk SD baik yang dijual di toko-toko buku maupun online, seperti: CD Interaktif Panduan Pengajaran Tematik untuk Guru SD, CD Multimedia Pembelajaran Aktif Tingkat SD, dan CD Pembelajaran Interaktif kebanyakan untuk pembelajaran kurikulum KTSP, sedangkan untuk kurikulum 2013 masih sulit ditemui. Satu-satunya yang menggunakan kurikulum 2013 yaitu CD Pembelajaran Interaktif Kubixa. Namun, CD interaktif tersebut masih berbasis teks, karena memuat materi yang sama dengan materi dalam buku teks kurikulum 2013. Selain itu, harga yang relatif tinggi, setiap satu paket berisi 12 CD pembelajaran dijual dengan harga hampir dua juta memungkinkan tidak semua guru berminat membeli CD pembelajaran interaktif tersebut. selain itu, buku elektronik dan buku teks kurikulum 2013 yang digunakan di sekolah, seperti buku seri pembelajaran tematik tema “Permainan Tradisional” cakupan materinya kurang lengkap. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengembangan CD interaktif teks permainan tradisional. CD interaktif teks permainan tradisional dapat dijadikan sebagai media pelengkap untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta didik dalam menggali informasi dan mendemonstrasikan teks permainan tradisional. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana karakteristik CD interaktif menggali informasi dan mendemonstrasikan teks permainan tradisional bermuatan karakter dalam pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas III SD, 2) bagaimana prototipe CD interaktif menggali informasi dan mendemonstrasikan teks permainan tradisional bermuatan karakter dalam pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas III SD, dan 3) bagaimana validasi prototipe CD interaktif menggali informasi dan mendemonstrasikan teks permainan tradisional bermuatan karakter dalam pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas III SD. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengidentifikasi karakteristik media CD interaktif menggali informasi dan mendemonstrasikan teks permainan tradisional bermuatan karakter dalam pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas III SD, 2) untuk merancang prototipe media CD interaktif menggali informasi dan vii mendemonstrasikan teks permainan tradisional bermuatan karakter dalam pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas III SD, dan 3) untuk memperoleh validasi prototipe media CD interaktif menggali informasi dan mendemonstrasikan teks permainan tradisional bermuatan karakter dalam pembelajaran tematik bagi peserta didik kelas III SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dikemukakan oleh Sugiyono (2010:409). Kemudian langkah-langkah tersebut diadaptasi menjadi lima tahap, yaitu: 1) survei pendahuluan; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi produk; 5) revisi dan perbaikan desain. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket untuk mendapatkan data kebutuhan pengembangan CD interaktif dan penilaian prototipe CD interaktif. Adapun sumber data terdiri atas guru, peserta didik, dan dosen ahli. Guru dan peserta didik sebagai sumber data berasal dari tiga sekolah di tiga wilayah yang berbeda, yaitu SD Dowan Rembang, SD 1 Undaan Kidul Kudus, dan SD DCC Global School Lampung. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri atas pemaparan data dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik terhadap CD interaktif teks permainan tradisional menghasilkan karakteristik CD inteaktif dan harapan terhadap CD interaktif teks permainan tradisional menurut peserta didik dan guru. Kemudian dari hasil analisis kebutuhan CD interaktif dirumuskan prinsip-prinsip pengembangan CD inteaktif yaitu aspek pembelajaran menggali informasi dan mendemonstrasikan teks permainan tradisional dikembangkan berdasarkan prinsip relevansi, adaptif, dan rasional. Aspek teks permainan tradisional bermuatan karakter, prinsip yang diterapkan adalah prinsip atraktif, sistematis, dan inovatif. Aspek isi CD interaktif tradisional bermuatan karakter, materi dalam CD interaktif teks permainan tradisional bermuatan karakter disajikan dengan prinsip sistematis, prinsip inovatif, dan kebakuan. Aspek kemasan CD interaktif dikembangkan menggunakan prinsip estetis dan prinsip konsistensi. Kedua, proses pengembangan prototipe CD interaktif. Prototipe CD interaktif yang dikembangkan terdiri atas dua bagian, yaitu CD interaktif teks permainan tradisional dan tes interaktif pilihan ganda. Pada bagian CD interaktif teks permainan tradisional terdiri atas tiga bagian, yaitu halaman utama, halaman isi, dan halaman evaluasi. Ketiga, hasil penilaian terhadap prototipe CD interaktif yang dilakukan oleh ahli. Pada aspek kebutuhan fisik memperoleh nilai dengan kategori baik, yaitu 87,50. Aspek pemanfaatan software memperoleh nilai sangat baik dengan rata-rata 96,60, begitu pula aspek kebutuhan komunikasi visual memperoleh nilai rata-rata 97,92. Selanjutnya, penilaian ahli pembelajaran bahasa indonesia, aspek materi memperoleh nilai 87,55. Aspek muatan nilai karakter memperoleh nilai 83,40. Aspek kualitas audio memperoleh nilai rata-rata 81,66. Aspek bahasa memperoleh nilai rata-rata 77,80, dan penilaian aspek buku pelengkap CD interaktif memperoleh nilai rata-rata 91,63. Keempat, saran yang diberikan ahli terhadap prototipe CD interaktif teks permainan tradisional ini yaitu: 1) pengolahan sampul CD supaya tampilan menambah nilai jual, 2) awal tampilan diberi musik viii pengiring agar lebih menarik, 3) hendaknya penjelasan narator lebih singkat tetapi padat, dan 4) perlu disederhanakan bahasa dan penyampaiannya terutama yang ditujukan kepada anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD interaktif, teks permainan tradisional, muatan karakter, pembelajaran tematik
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 26 Jul 2018 18:18
Last Modified: 26 Jul 2018 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31542

Actions (login required)

View Item View Item