PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGABSTRAKSI TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 PECANGAAN JEPARA


Siti Metylasmita , 2101412174 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGABSTRAKSI TEKS CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK PADA SISWA KELAS XI BAHASA SMA NEGERI 1 PECANGAAN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412174.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (279kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dengan Bapak Dasiman Adnan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara, peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara khususnya pada kelas XI Bahasa memiliki beberapa masalah yang dialami dalam pembelajaran mengabstraksi teks cerita pendek. Keterampilan mengabstraksi teks cerita pendek yang dimiliki peserta didik masih rendah dan belum mencapai standar kriteria ketuntasan minimal. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai peserta didik yang hanya 69,4. Permasalahan yang menyebabkan rendahnya keterampilan mengabstraksi teks cerita pendek peserta didik di antaranya: peserta didik kesulitan menemukan intisari dari setiap struktur teks cerita pendek sehingga abstraksi yang dibuat belum benar, peserta didik juga kesulitan memilih kata yang tepat, merangkai kalimat, dan menuliskan kata-kata sendiri. Peserta didik juga belum paham isi dari cerita pendek yang dibaca. Untuk mengatasi rendahnya kemampuan peserta didik dalam mengabstraksi teks cerita pendek, peneliti memberikan solusi dengan menggunakan metode pembelajaran pair check. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kualitas proses pada pembelajaran mengabstraksi teks cerita pendek peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara menggunakan metode pair check, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan mengabstraksi teks cerita pendek peserta didik kelas kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara setelah mendapatkan pembelajaran menggunakan metode pair check, (3) Bagaimana perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran mengabstraksi teks cerita pendek peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara menggunakan metode pair check. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah keterampilan mengabstraksi teks cerita pendek pada peserta didik kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Pecangaan Jepara yang berjumlah 20 peserta didik. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Tes berupa mengabstraksi teks cerita pendek, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Pada proses pembelajaran keterampilan mengabstraksi teks cerita pendek, guru juga vii melakukan perbaikan dari siklus I ke siklus II untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Hasil penelitian ini diketahui bahwa proses pembelajaran mengabstraksi teks cerita pendek berjalan baik dan lancar meskipun ada beberapa peserta didik yang kurang bisa mengikuti pembelajaran dengan baik tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu,hasil tes keterampilan mengabstraksi teks cerita pendek mengalami peningkatan sebesar 10,625 atau 23,3%. Nilai siklus I peserta didik dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 70,125 dalam kategori cukup, setelah dilakukan tindakan siklus II mencapai 80,75 dengan kategori baik. Adapun perilaku peserta didik mengalami perubahan ke arah yang positif. Hal tersebut diwujudkan dengan hasil observasi rata-rata siklus I sebesar 77% menjadi 89% pada siklus II. Adapun proses pembelajaran mengabstraksi teks cerita pendek mengalami peningkatan 6% dari rata-rata siklus I sebesar 81% menjadi 87% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru pelajaran Bahasa Indonesia dapat meggunakan metode pair check dalam pembelajaran mengabstraksi teks cerita pendek ataupun dalam pembelajaran teks lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengabstraksi teks cerita pendek, metode pair check.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 26 Jul 2018 17:55
Last Modified: 26 Jul 2018 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31541

Actions (login required)

View Item View Item