PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS TIK PADA ANAK PENDERITA AUTISME DI SLB NEGERI SEMARANG


Yulaikha Mar’atullatifah , 5302411083 (2017) PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN MULTIMEDIA BERBASIS TIK PADA ANAK PENDERITA AUTISME DI SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (609kB) | Preview

Abstract

Otak tidak mampu berfikir sebagaimana mestinya. Kebutuhan khusus tersebut dinamakan autisme. Dikembangkan suatu pendekatan untuk pembelajaran yaitu pendekatan Applied Behavior Analysis atau ABA. Sebab, memiliki prinsip yang terukur, terarah dan sistematis, juga variasi yang diajarkan luas, sehingga dapat meningkatkan keterampilan komunikasisosial dan motorik halus maupun kasar.Mata pelajaran yang terkadang guru kesulitan menyampaikan yaitu IPA karena banyak menjelaskan tentang ilustrasi. Multimedia interaktif ini dikembangkan dengan melalui: analisis kebutuhan, pembuatan program, uji pakar, uji coba skala kecil, analisis produk, validasi produk, dan penerapan dalam PBM. Validasi kelayakan program bantu dilakukan dengan menggunakan angket tertutup yang meliputi aspek materi dan media. Uji coba program bantu ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik One-shot Case Study, pada pembelajaran IPA kelas VIII kelas autis SLB Negeri Semarang dengan jumlah siswa 5 orang. Hasil presentase validasi kelayakan pada aspek materi adalah 88% dan 86,67% pada aspek media. Hal ini menunjukkan bahwa program bantu layak diterapkan pada pembelajaran Perolehan nilai rata-rata pra penggunaan program bantu adalah 81,4 sedangkan perolehan nilai rata-rata pasca penggunaan program bantu 91,4. Skor gain hasil pra dan pasca adalah 9,0 sedangkan skor rata-rata gain ternormalisir pra dan pasca adalah 0,48 yang termasuk kategori efektifitas sedang. Hasil diatas diperoleh program bantu pembelajaran berupa multimedia interaktif IPA berbasis flash untuk siswa autis kelas VIII SLB yang layak diterapkan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan pemahaman pada siswa SLB penderita autis terhadap pelajarannya dan memiliki efektivitas,yang sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Siswa autis, Multimedia Interaktif, IPA, Flash, Metode ABA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
T Technology > Information and Computer > Website
T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 26 Jul 2018 13:46
Last Modified: 26 Jul 2018 13:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31533

Actions (login required)

View Item View Item