PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS FABEL BERMUATAN NILAI BUDAYA DENGAN METODE GOALL, PLANS, IMPLEMENTATION, AND DEVELOPMENT (GPID) BAGI SISWA SMP
Citra Bulan Vasda Resta , 2101412142 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS FABEL BERMUATAN NILAI BUDAYA DENGAN METODE GOALL, PLANS, IMPLEMENTATION, AND DEVELOPMENT (GPID) BAGI SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (356kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran teks fabel merupakan salah satu pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dalam kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh siswa kelas VIII. Dalam pembelajaran inilah siswa masih mengalami kesulitan pada kompetensi memahami dan meringkas teks fabel. Kesulitan yang dihadapi siswa adalah karena faktor minimnya materi dalam buku dan sumber referensi yang digunakan sehingga dibutuhkan buku pendamping pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan siswa. Maka, dikembangkan buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya yang memberikan pengetahuan mengenai keragaman budaya di Indonesia serta dipilihnya metode membaca goall, plans, implementation, and development (GPID) sebagai salah satu upaya untuk memudahkan siswa dalam keterampilan memahami dan meringkas teks fabel. Berdasarkan latar belakang tersebut, dalam penelitian ini terdapat rumusan masalah yang terdiri dari: 1) bagaimanakah ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran teks fabel yang ada menurut siswa dan guru;2) bagaimanakah kebutuhan buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya untuk siswa SMP; 3) bagaimanakah prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya untuk siswa SMP; 4) bagaimanakah prototipe buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya untuk siswa SMP; 5) bagaimanakah uji validasi dan perbaikan pengembangan buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya untuk siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan ketersediaan dan kondisi buku pendamping pembelajaran teks fabel, 2) mendeskripsikan kebutuhan buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya untuk siswa SMP, 3) merumuskan prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya bagi siswa SMP, 4) mengetahui prototipe buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya bagi siswa SMP, 5) mengetahui hasil uji validasi dan perbaikan prototipe buku pengayaan teks fabel bermuatan nilai budaya untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R&D) yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Langkah-langkah dalam penelitian ini dibatasi sampai pada tahap revisi produk yang disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dalam penelitian dan dikemas menjadi lima langkah, meliputi 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) perbaikan desain. vii Hasil dari penelitian ini terdiri dari beberapa hal. Pertama, analisis ketersediaan dan kondisi buku pendamping yang ada belum mampu menarik minat siswa baik dalam aspek materi yang sangat minim dan fisik buku yang belum cukup menampilkan kombinasi warna sesuai dengan keinginan siswa. Kedua, analisis kebutuhan siswa dan guru. Siswa dan guru menghendaki buku pengayaan yang dapat memberikan inovasi terbaru dengan materi yang disajikan secara lengkap, disertai dengan contoh-contoh yang bervariatif, menggunakan bahasa yang mudah dipahami, dan fisik buku yang dapat menarik minat baca, serta kelengkapan isi buku yang dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan kretifitas siswa. Ketiga, prinsip-prinsip pengembangan buku pengayaan teks fabel ditentukan berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru. Keempat,prototipe pengembangan buku pengayaan teks fabel terdiri dari tiga bagian antara lain: bagian awal buku, bagian isi buku, dan bagian akhir buku. Kelima, hasil uji validasi dan perbaikan. Hasil uji validasi dapat diketahui: aspek materi/isi buku dengan nilai rata-rata dari guru 81,23 dan nilai rata-rata dari dosen ahli 82,81. Aspek penyajian: nilai rata-rata dari guru 79,16 dan nilai rata-rata dari dosen ahli 75. Aspek bahasa dan keterbacaan: nilai rata-rata dari guru 75 dan nilai rata-rata dari dosen ahli 75. Aspek grafika: nilai rata-rata dari guru 80,3 dan nilai rata-rata dari dosen ahli 81,81. Aspek muatan nilai budaya: nilai rata-rata dari guru 83,33 dan nilai rata-rata dari dosen ahli 75. Aspek metode membaca GPID: nilai rata-rata dari guru 83,33 dan nilai rata-rata dari dosen ahli 75. Perbaikan dalam produk buku, yaitu: sampul (cover) buku, materi bab I dan bab II, keterangan dan sumber ilustrasi gambar, rangkuman pada bab II, dan penambahan contoh teks fabel. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan saran kepada: 1) siswa, buku pengayaan hendaknya digunakan oleh dalam pembelajaran teks fabel baik belajar secara mandiri atau bersama guru, 2) guru, buku pengayaan hendaknya digunakan dalam pembelajaran memahami dan meringkas teks fabel, dan 3) pemerhati pendidikan dan peneliti dapat mengadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan teks fabel agar dapat digunakan secara maksimal dan berkelanjutan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, keterampilan memahami, keterampilan meringkas, teks fabel, nilai budaya, metode membaca GPID. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 24 Jul 2018 19:31 |
Last Modified: | 24 Jul 2018 19:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31528 |
Actions (login required)
View Item |