PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SINEMATISASI PUISI UNTUK MENYUSUN TEKS CERPEN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII


Rokayati , 2101412141 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SINEMATISASI PUISI UNTUK MENYUSUN TEKS CERPEN BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412141.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (253kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 merupakan mata pelajaran berbasis pada teks yang mana pembelajaran difokuskan pada teks-teks tunggal. Teks dalam pembelajaran dapat berupa teks lisan dan tulisan. Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VII adalah menyusun teks cerita pendek sesuai dengan karakteristik yang dibuat baik secara lisan maupun tulisan. Namun kondisi nyata yang ada di sekolah pada saat ini belum maksimal karena peserta didik belum tertarik dan terampil dalam menyusun teks cerpen. Kurangnya inovasi bagi pendidik, menjadi salah satu kendala dalam proses pembelajaran. Merujuk pada permasalahan yang dirasakan pendidik dan peserta didik tersebut, maka peneliti ingin mengoptimalkan proses pembelajaran menyusun teks cerpen dengan memanfaatkan dan mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran yang akan dikembangkan peneliti adalah media sinematisasi puisi. Media tersebut dikembangkan untuk mempermudah dan mengoptimalkan proses pembelajaran menyusun teks cerpen berdasarkan puisi yang disinematisasikan Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kebutuhan pengembangan media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa sinematisasi puisi bagi peserta didik kelas VII menurut pendidik dan peserta didik, desain produk media pembelajaran, penilaian dan saran ahli terhadap desain produk media pembelajaran, dan perbaikan desain produk media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa sinematisasi puisi bagi peserta didik kelas VII setelah mendapat saran dan penilaian ahli? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kebutuhan pengembangan media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa sinematisasi puisi bagi peserta didik kelas SMP sesuai dengan kebutuhan pendidik dan peserta didik, membuat desain produk media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa sinematisasi puisi, mendeskripsikan penilaian dan saran ahli terhadap desain produk media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa ix sinematisasi puisi, dan mendeskripsikan perbaikan desain produk media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa sinematisasi puisi. Penelitian ini dirancang menggunakan langkah-langkah penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian. Langkah-langkah tersebut antara lain (1) potensi masalah, (2) pengumpulan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data kebutuhan pengembangan media pembelajaran sinematisasi puisi dan sumber data untuk mendapatkan data uji validasi desain produk media pengembangan sinematisasi puisi dalam pembelajaran menyusun teks cerpen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel pengembangan media pembelajaran yang berupa sinematisasi puisi dan variabel menyusun teks cerpen bagi peserta didik kelas VII. Bentuk instrumen penelitian yang digunakan adalah nontes yang berupa angket kebutuhan, lembar uji validasi, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diperoleh media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa sinematisasi puisi yang dibutuhkan peserta didik dan pendidik, media pembelajaran menyusun teks cerpen berupa sinematisasi puisi memperoleh nilai rata-rata dari ahli sebesar 90,85, dan perbaikan yang dilakukan dalam media pembelajaran sinematisasi puisi ini meliputi perbaikan sampul, penambahan frame ikon Kota Yogya pada sinematisasi “Lanskap Pagi Kota Yogya”, penambahan sinematisasi puisi “Air Rob”, penambahan penegasan langkah-langkah, dan perbaikan materi pembelajaran. Saran yang direkomendasikan adalah pendidik hendaknya dapat mengembangkan media pembelajaran menyusun teks cerpen yang inovatif, menarik, dan menyenangkan, agar peserta didik tidak merasa bosan dan kesulitan dalam pembelajaran menyusun teks cerpen, serta dapat mengurangi terbatasnya media pembelajaran menyusun teks cerpen. Selain itu, media pembelajaran sinematisasi puisi juga dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran menyusun teks cerpen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, menyusun teks cerpen, sinematisasi puisi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 24 Jul 2018 19:27
Last Modified: 24 Jul 2018 19:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31527

Actions (login required)

View Item View Item