PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE AJJI (AMATI JARING-JARING IDE) DENGAN MEDIA SKEMA BARANG KENANGAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MASEHI PSAK AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG


Mutaqim , 2101412137 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN METODE AJJI (AMATI JARING-JARING IDE) DENGAN MEDIA SKEMA BARANG KENANGAN PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MASEHI PSAK AMBARAWA, KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412137.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (360kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis deskripsi menjadi satu keterampilan berbahasa yang paling sulit untuk dikuasai. Hal ini disebabkan adanya dua unsur yang harus dikuasai oleh penulis, yaitu unsur bahasa, seperti ejaan, stuktur kalimat, kohesi, dan koherensi, serta unsur non bahasa yang dijadikan ide atau gagasan dalam sebuah tulisan yang meliputi pengetahuan dan pangalaman penulis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bahasa Indonesia yang mengajar di SMK Masehi PSAK Ambarawa, peneliti menemukan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis teks deskripsi, khususnya siswa kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa. Nilai rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah penelitian ini yaitu 1) Bagaimana proses pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan metode AJJI (Amati Jaring- Jaring Ide) dengan media skema barang kenangan pada siswa kelas X SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang, 2)Bagaimana peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi menggunakan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan media skema barang kenangan pada siswa kelas X SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang, 3)Bagaimana perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan media skema barang kenangan pada siswa kelas X SMK Masehi PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang, 4) Bagaimana tanggapan siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan skema barang kenangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan media skema barang kenangan sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa kelas X Akuntansi SMK Masehi PSAK Ambarawa. Variabel penelitian ini yaitu variabel keterampilan menulis teks deskripsi dan variabel pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan media skema barang kenangan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes pengetahuan dan keterampilan, sedangkan instrumen nontes berupa observasi, jurnal, iii wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu peningkatan persentase pada semua aspek. Terjadi peningkatan hasil pengamatan proses pembelajaran pada siklus I ke siklus II sebesar 23%. Sikap religius mengalami peningkatan, pada siklus I hasil pengamatan sikap religius siswa sebesar 87%, sedangkan pada siklus II mencapai 96%, terjadi peningkatan sikap religius siswa sebesar 9% dari siklus I ke siklus II. Sikap sosial siswa mengalami peningkatan sebesar 6% dari siklus I ke siklus II. Pengetahuan siswa dalam menulis teks deskripsi mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata tes pengetahuan sebesar 74 dengan persentase ketuntasan 56%. Pada siklus II, nilai rata-rata tes pengetahuan meningkat menjadi 82 dengan persentase ketuntasan 100%. Terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil tes pengetahuan menulis teks deskripsi sebesar 44% dari siklus I ke siklus II. Keterampilan siswa dalam menulis teks deskripsi mengalami peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata hasil tes keterampilan sebesar 75 dengan persentase ketuntasan 50%. Pada siklus II, nilai rata-rata hasil tes keterampilan meningkat menjadi 86 dengan persentase ketuntasan 100%. Berdasarkan data tersebut, terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi sebesar 50% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan media skema barang kenangan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran menulis, sebab metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dan media skema barang kenangan dapat memudahkan serta memotivasi siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Penerapan metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dan media skema barang kenangan dapat digunakan sebagai masukan peneliti lain dalam melakukan penelitian yang serupa. Penelitian ini juga dapat digunakan sebagai bahan perbandingan pembelajaran atau penelitian lain, sehingga dapat diketahui hasil yang efektif dalam penggunaan metode dan media dalam pembelajaran menulis teks deskripsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis teks deskripsi , Metode AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide), Media skema barang kenangan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 24 Jul 2018 19:23
Last Modified: 29 Mar 2019 17:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31526

Actions (login required)

View Item View Item