KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA EKSTENSIF UNTUK MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK DAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA SMP KELAS VIII


Nurul Aziz , 2101412133 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MEMBACA EKSTENSIF UNTUK MENEMUKAN MASALAH UTAMA BERITA MENGGUNAKAN METODE PAIR CHECK DAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412133.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (375kB) | Preview

Abstract

Di era modern seperti ini semua orang dituntut untuk mengetahui informasi secara cepat agar tidak kalah dalam bersaing. Hal itu sebenarnya sudah ada dan ditanamkan dalam dunia pendidikan yaitu dengan adanya pembelajaran ketermapilan membaca ekstensif. Untuk membelajarkan keterampilan membaca ekstensif memerlukan metode yang tepat. Salah satu metode yang tepat untuk membelajarkan keterampilan membaca ekstensif adalah metode berpendekatan kolaboratif. Pada pendekatan kolaboratif siswa didorong untuk mampu menerima orang lain, membantu orang lain, menghadapi tantangan, dan bekerja dalam tim Menurut Huda (2014:196-197)metode Pair Check dan Numbered Heads Together merupakan bagian dari metode dengan pedekatan kolaboratif.Pada pendekatan kolaboratif siswa didorong untuk mampu menerima orang lain, membantu orang lain, menghadapi tantangan, dan bekerja dalam tim. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apakah penggunaan metode Pair Check efektif untuk pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama berita pada Kelas VIII SMP, (2) apakah penggunaan metode Numbered Heads Together efektif untuk pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama berita pada Kelas VIII SMP,dan (3) manakah yang lebih efektif antara metode Pair Check dengan Numbered Heads Together untuk pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama berita pada kelas VIII SMP.Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah metode Pair Check dan Numbered Heads Togetherefektifditerpakan dalam pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama berita pada kelas VIII SMP.Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode mana antara Pair Check dan Numbered Heads Togetheryang lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama berita pada kelas VIII SMP Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1Kertanegara Kabupaten Purbalingga menggunakan metode eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Kelas VIII A dipilih sebagai kelompok eksperimen satu yang mendapat perlakuan metode Pair Check sedangkan kelas VIII B dipilih sebagai kelompok eksperimen dua yang mendapat perlakuan metode Numbered Heads Together. Pada prinsipnya, terdapat tiga kegiatan inti dalam penelitian ini, yaitu tes awal (pretest), pemberian perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest).Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan ix nontes.Instrumen tes berupa soal uraian untuk menemukan masalah utama dua berita bertopik sama. Metode Pair Check efektif digunakan dalam pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama berita. Hal itu, dapat dilihat dari hasil Uji t kelompok Pair Checkyang menunjukkan perbedaan kondisi akhir pada kelompok Pair Check, yaitu skor tes akhir lebih baik dari pada skor tes awal karena didapatkan ttabel = 2.03 (dengan taraf signifikansi 5%) dan thitung = -8,984 berada di daerah penolakan Ho. Metode Numbered Heads Togetherefektif digunakan dalam pembelajaran membaca ekstensif untuk menemukan masalah utama berita. Hal itu dapat dilihat dari, hasil Uji t kelompok Numbered Heads Togetheryang menunjukkan perbedaan kondisi akhir pada kelompok tersebut, yaitu skor tes akhir lebih baik dari pada skor tes awal karena didapatkan ttabel = 2.03 (dengan taraf signifikansi 5%) dan thitung= -5.828 berada di daerah penolakan Ho. Sementara hasil Uji t data posttest kelompok Pair Checkdan kelompok Numbered Heads Together(dengan taraf signifikansi 5%) diperoleh ttabel = -

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Masalah utama berita, Pair Check, Numbered Heads Together
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 24 Jul 2018 13:40
Last Modified: 24 Jul 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31525

Actions (login required)

View Item View Item