ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DENGAN KURIKULUM 2013
Febrica Rosita Sari , 1401413560 (2017) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS IV SD/MI TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pemerintah mengeluarkan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Oleh sebab itu, subtansi Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian buku pedoman merupakan bentuk kekurangan Kurikulum 2013. Kekurangan tersebut dapat diketahui melalui kegiatan analisis yang dilakukan oleh guru sebelum pembelajaran, namun berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum melakukan kegiatan analisis Buku Guru dan Buku Siswa sebelum pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara juga diperoleh informasi bahwa guru pernah menemukan ketidaksesuaian materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa saat pembelajaran berlangsung. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsi dan menganalisis kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013 Buku Guru dan Buku Siswa kelas IV sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tema Selalu Berhemat Energi (edisi revisi tahun 2016) dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, kecukupan referensial, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan. Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun ketiga aspek tersebut memerlukan perbaikan. Saran yang peneliti berikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis terlebih dahulu segala jenis sumber belajar yang akan digunakan dalam pembelajaran, guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak hanya berpatok pada kegiatan pembelajaran yang terdapat pada Buku Guru, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan, seperti Buku Guru dan Buku Siswa pada Kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Buku Guru; Buku Siswa; dan Kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 15:25 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 15:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31522 |
Actions (login required)
View Item |