PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS PROSEDUR PENGELOLAAN SUMBER DAYA KELAUTAN MASYARAKAT PESISIR BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP
Dwi Mukti , 2101412115 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENYUSUN TEKS PROSEDUR PENGELOLAAN SUMBER DAYA KELAUTAN MASYARAKAT PESISIR BERMUATAN NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (361kB) | Preview |
Abstract
Indonesia memiliki luas laut yaitu dua per tiga lebih besar dibandingkan luas daratan yang sekitar satu pertiga. Walaupun demikian, untuk saat ini sektor laut belum mampu menopang pembangunan Indonesia dari berbagai aspek. Hal ini dikarenakan adanya eksploitasi terhadap lingkungan pesisir. Agar tidak terjadi eksploitasi secara terus-menerus, masyarakat Indonesia perlu menanamkan nilai-nilai humanistik dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman nilai humanistik dapat dilakukan melalui konsep konservasi dengan cara melindungi, mengawetkan, dan memanfaatan secara bijak terhadap sumber daya laut dan lingkungannya. Dengan demikian, diharapkan cinta budaya maritim akan terbentuk kembali secara bertahap dan dapat menghidupkan kembali kejayaan Indonesia sebagai negara maritim. Mengenalkan kembali wawasan kemaritiman kepada peserta didik dapat dilakukan melalui buku pengayaan. Hal ini dikarenakan buku adalah sarana yang paling efektif untuk menunjang pembelajaran. Akan tetapi, pada realita di lapangan, ketersediaan buku yang ditujukan untuk peserta didik belum ada yang mengusung kemaritiman sebagai tema utama. Dari buku yang telah dianalisis belum ada yang menyajikan teks prosedur bertema kemaritiman (pengelolaan sumber daya kelautan) serta budaya humanistik dari masyarakat pesisir. Padahal, melalui teks prosedur peserta didik dapat diajarkan cara mengelola sumber daya laut dengan sederhana. Selain itu, ketersediaan buku pelengkap seperti buku pengayaan juga belum ada yang secara detail mengulas materi menulis teks prosedur. Padahal menyusun atau menulis teks maupun karangan merupakan salah satu kendala yang dialami peserta didik. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah karakteristik kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan menyusun teks prosedur pengelolaan sumber daya kelautan masyarakat pesisir bermuatan nilai humanistik; (2) bagaimanakah pengembangan prototipe buku pengayaan menyusun teks prosedur pengelolaan sumber daya kelautan masyarakat pesisir bermuatan nilai humanistik; dan (3) bagaimanakah penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menyusun teks prosedur pengelolaan sumber daya kelautan masyarakat pesisir bermuatan nilai humanistik. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik kebutuhan buku, mengembangkan prototipe, dan mendeskripsikan penilaian ahli terhadap prototipe buku. ix Penelitian ini menggunakan Research and Development (R&D) seperti yang dirumuskan oleh Sugiyono. Tahap yang dilakukan hanya sampai pada tahap lima, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validitas desain, dan (5) revisi desain. Adapun yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik, guru, dan dosen ahli. Pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Adapun hasil penelitian yang diperoleh: (1) karakteristik kebutuhan buku didasarkan pada hasil analisis angket dan wawancara terhadap peserta didik dan guru yang meliputi lima aspek, yaitu: kebutuhan buku pengayaan, materi teks prosedur, tema pengelolaan sumber daya kelautan, muatan nilai humanistik, serta harapan peserta didik dan guru terhadap pengembangan buku; (2) pengembangan prototipe disusun berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan buku yang sebelumnya telah ditentukan. Adapun pengembangan prototipe yang disusun, meliputi: bagian sampul buku, fisik buku, dan isi buku. Sampul buku, terdiri atas: sampul depan dan sampul belakang. Fisik buku, terdiri atas: ukuran buku, ketebalan buku, jenis sampul buku, jenis kertas, penyajian nomor, dan ilustrasi sampul. Isi buku, terdiri atas: aspek awal buku, aspek isi buku, dan aspek akhir buku; dan (3) penilaian ahli terhadap prototipe dilakukan kepada dua dosen ahli. Dari pengujian yang telah dilakukan, buku mendapat penilaian dan saran perbaikan pada aspek awal buku, isi buku, dan akhir buku. Aspek awal buku memperoleh rata-rata 84,82 (kategori baik); aspek isi buku memperoleh rata-rata 88,33 (sangat baik); dan aspek akhir buku rata-rata 79,16 (kategori baik). Berdasarkan penilaian dan saran perbaikan dari dosen ahli, peneliti melakukan perbaikan pada a) awal buku, meliputi: judul buku, ilustrasi sampul depan, halaman prancis, halaman prakata, dan nomor halaman; b) isi buku, meliputi: istilah menyusun diganti menulis, ilustrasi halaman pembatas tiap bab, penyajian materi, halaman petunjuk penggunaan buku, muatan nilai humanistik, dan ukuran huruf pada contoh teks; dan c) akhir buku, meliputi: foto identitas penulis, sinopsis, serta ilustrasi dan desain sampul belakang. Saran yang dapat diberikan pada penelitian ini, yaitu (1) peserta didik hendaknya menggunakan buku pengayaan ini sebagai buku pelengkap menyusun teks prosedur; (2) para guru hendaknya menggunakan buku pengayaan ini sebagai buku penunjang pembelajaran menyusun teks prosedur dan buku untuk mengenalkan kemaritiman kepada peserta didik; (3) para pemerhati pendidikan hendaknya mengadakan pengembangan buku pengayaan mengenai wawasan kemaritiman untuk membangun kembali cinta budaya maritim kepada para pembaca; dan (4) para peneliti lainnya hendaknya perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji buku pengayaan menyusun teks prosedur agar buku tersebut dapat digunakan secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, teks prosedur, dan nilai humanistik |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 23 Jul 2018 13:51 |
Last Modified: | 23 Jul 2018 13:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31520 |
Actions (login required)
View Item |