PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMAHAMI DAN MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DAN BERMUATAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP


Destriya Rizky Hildawati , 2101412114 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMAHAMI DAN MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 DAN BERMUATAN NILAI KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412114.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (581kB) | Preview

Abstract

Kompetensi dasar memahami teks dan kompetensi dasar menyusun teks laporan hasil observasi dalam Kurikulum 2013 masih sulit dipelajari oleh siswa. Oleh karena itu, salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan menyediakan bahan ajar yang dapat membantu siswa memahami teks dan kompetensi dasar menyusun teks laporan hasil observasi. Selain itu, pemuatan nilai karakter juga harus diperhatikan agar dalam kehidupan siswa juga tertanam nilai karakter. Pengemasan bahan ajar dengan menggunakan Macromedia Flash 8 bertujuan untuk memberikan variasi kreatif cara pengemasan bahan ajar Bahasa Indonesia yang selama ini dinilai membosankan jika hanya dikemas dalam bentuk buku. Selain menarik, bahan ajar juga dimuati nilai karakter. Nilai karakter yang dipilih adalah nilai karakter peduli lingkungan. Dari permasalahan yang muncul, dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana kebutuhan bahan ajar memahami dan menyusun teks laporan hasil observasi untuk siswa kelas VII SMP di sekolah?, (2) Bagaimana prototipe bahan ajar memahami dan menyusun teks laporan hasil observasi dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dan bermuatan nilai karakter peduli lingkungan untuk siswa kelas VII SMP?, dan (3) Bagaimana kualitas bahan ajar memahami dan menyusun teks hasil observasi dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dan bermuatan nilai karakter peduli lingkungan untuk siswa kelas VII SMP yang dikembangan dalam penelitian ini menurut ahli?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kebutuhan bahan ajar memahami dan menyusun teks laporan hasil observasi untuk siswa kelas VII SMP di sekolah, (2) Mengembangkan bahan ajar memahami dan menyusun teks laporan hasil observasi dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dan bermuatan nilai karakter peduli lingkungan untuk siswa kelas VII SMP, dan (3) Mendeskripsikan penilaian ahli terhadap bahan ajar memahami dan menyusun teks hasil observasi dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dan bermuatan nilai karakter peduli lingkungan untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima langkah atau lima tahapan, yaitu, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Sumber data penelitian ini adalah siswa, guru, dan vii dosen ahli. Teknik pengumpulan data kebutuhan penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah (1) kebutuhan bahan ajar memahami dan menyusun teks laporan hasil observasi yang dibutuhkan oleh siswa pada aspek substansi materi adalah bahan ajar yang lengkap dan materi harus memberikan inspirasi kepada siswa dengan memuat informasi terkini. Pada aspek desain pembelajaran, penataan KI-KD-Indikator, referensi, dan cara penggunaan bahan ajar harus tepat. Pada aspek tampilan komunikasi visual bahan ajar yang menggunakan Macromedia Flash 8, komposisi penataan warna, pemberian gambar dan video, serta peletakkan tombol-tombol navigasi harus tepat. Pada aspek pemanfaatan software, bahan ajar yang berbasis TIK dibuat secara interaktif. Pada aspek nilai karakter peduli lingkungan, pemuatan nilai karakter peduli lingkungan pada bahan ajar dibuat menarik agar tertanam pada benak siswa sehingga siswa dapat mengimplementasikan di kehidupan sehari-hari; (2) prorotipe dikembangkan sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan yang disesuaikan dengan analisis kebutuham; (3) penilaian prototipe dijabarkan sebagai berikut (a) sspek substansi materi mendapat nilai 92,79 dengan kategori sangat baik, (b) aspek desain pembelajaran mendapat nilai 93,23 dengan kategori sangat baik, (c) aspek tampilan komunikasi visual mendapat nilai 94,40 dengan kategori sangat baik, (d) aspek pemanfaatan software mendapat nilai 93,75 dengan kategori sangat baik, dan (e) aspek nilai karakter peduli lingkungan mendapat nilai 94,20 dengan kategori sangat baik. Saran yang direkomendasikan dari penelitian ini adalah (1) siswa diharapkan menggunakan bahan ajar ini dengan tidak hanya terfokus pada video atau permainan yang terdapat di dalamnya saja, melainkan terfokus pada materinya, (2) guru diharapkan senantiasa memberikan pengarahan tentang cara penggunaan bahan ajar agar siswa dapat optimal dalam memahami dan menyusun teks hasil observasi, dan (3) peneliti lain diharapkan diadakan penelitian lebih lanjut mengenai keefektifan penggunaan bahan ajar memahami dan menyusun teks hasil observasi dengan menggunakan Macromedia Flash 8 dan bermuatan nilai karakter peduli lingkungan untuk siswa kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, memahami dan menyusun teks laporan hasil observasi, Macromedia Flash 8, nilai karakter peduli lingkungan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 23 Jul 2018 13:30
Last Modified: 23 Jul 2018 13:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31519

Actions (login required)

View Item View Item