PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TEKA – TEKI SILANG (TTS) DALAM PEMBELAJARAN TIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TIK KELAS IX


KHUSNUL SAPUTRO, 5302410152 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA TEKA – TEKI SILANG (TTS) DALAM PEMBELAJARAN TIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TIK KELAS IX. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302410152.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (718kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi yang menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya. Desain penelitian ini menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Teka – Teki Silang (TTS) dalam proses pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi. Penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing ini berdasarkan jurnal penelitian yang dilakukan oleh Entin T. Agustina, Laela Fitria Indriana dan Nurul Hidayati yang menyatakan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dengan Media Teka – Teki Silang (TTS) mampu meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana model Snowball Throwing dengan Media Teka – Teki Silang (TTS) dalam meningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini menggunakan true experimental design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas IX SMP N 1 Slawi tahun ajaran 2014/2015, sedangkan untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dan diperoleh siswa kelas IX-4 sebagai kelompok eksperimen, dan siswa kelas IX-3 sebagai kelompok kontrol. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji statistik t. Uji statistik t pada dasarnya dilakukan untuk membandingkan (membedakan) apakah hasil belajar antara siswa di kelompok eksperimen dan kontrol sama atau berbeda setelah memperoleh perlakuan. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode independent sample t-test dengan menggunakan program SPSS. Analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan siswa dikelas eksperimen sebesar 82,28%. sehingga masuk dalam kategori sangat tinggi. Sedangkan Nilai rata-rata hasil belajar siswa kelompok eksperimen sebesar 77.62 dengan uji Gain sebesar 0,34. Kesimpulan yang di dapat secara keseluruhan bahwa pembelajaran menggunakan strategi Snowball Throwing dengan Media Teka – Teki Silang (TTS) mampu dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, TTS, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar, True Experimental Design
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2018 17:20
Last Modified: 05 Apr 2019 13:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31515

Actions (login required)

View Item View Item