PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK MENULIS DI SINI DAN SAAT INI DENGAN MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 32 SEMARANG


Nur Rakhmi Noviana , 2101412095 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK MENULIS DI SINI DAN SAAT INI DENGAN MEDIA BUKU HARIAN PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 32 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (326kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu pembelajaran yang harus dikuasai siswa kelas VII. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi dihadapkan oleh beberapa kendala, diantaranya adalah siswa kebingungan menentukan tema, ide, dan gagasan yang akan dikembangkan menjadi puisi. Selain itu pengondisian kegiatan pembelajaran yang kurang baik juga berakibat pada kurang tertibnya perilaku siswa apabila diperintahkan untuk melakukan suatu kegiatan. Pembelajaran menulis masih memiliki banyak kekurangan, baik penggunaan metode dan teknik yang kurang variatif maupun minimnya penggunaan media pembelajaran. Padahal media sangat penting bagi siswa untuk pembelajaran keterampilan menulis puisi karena dapat merangsang siswa untuk berpikir kreatif dalam menulis puisi. Oleh sebab itu, solusi dari masalah tersebut yaitu berupa penerapan teknik pembelajaran inovatif dan penggunaan media yang efektif dalam pembelajaran menulis puisi. Salah satunya menggunakan teknik menulis di sini dan saat ini dengan media buku harian. Teknik dan media tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi karena teknik ini mampu membuat siswa menjadi aktif, kreatif, dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Selain itu, media buku harian juga dapat mempermudah siswa mencari sumber tema. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses pembelajaran menulis puisi melalui teknik menulis di sini dan saat ini dengan media buku harian pada siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang; (2) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik menulis di sini dan saat ini dengan media buku harian; (3) bagaimanakah perubahan perilaku siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik menulis di sini dan saat ini dengan media buku harian. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi melalui teknik menulis di sini dan saat ini dengan media buku harian pada siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang; (2) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui teknik menulis di sini dan saat ini dengan media buku harian; (3) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang setelah mengikuti ix pembelajaran menulis puisi melalui teknik menulis di sini dan saat ini dengan media buku harian. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII D SMP Negeri 32 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Taggart melalui 3 tahapan yaitu rencana, tindakan dan observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, jurnal guru, jurnal siswa, dan dokumentasi foto. Instrumen penilaian berupa pedoman penskoran keterampilan menulis puisi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan 80% siswa mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas sebesar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, teknik menulis di sini dan saat ini, media buku harian
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 20 Jul 2018 13:34
Last Modified: 20 Jul 2018 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31513

Actions (login required)

View Item View Item