KEPRIBADIAN TOKOH DAN NILAI KARAKTER DALAM NOVEL SREPEG TLUTUR KARYA TIWIEK S.A


Noor Roikhatun Ni’mah , 2601413024 (2017) KEPRIBADIAN TOKOH DAN NILAI KARAKTER DALAM NOVEL SREPEG TLUTUR KARYA TIWIEK S.A. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601413024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (628kB) | Preview

Abstract

Novel Srepeg Tlutur menarik diteliti menggunakan pendekatan Psikologi sastra. Aspek yang menarik tampak dari judul novel tersebut yang bermakna gendhing yang digunakan untuk menggambarkan kesedihan. Judul tersebut dapat menggambarkan isi novel yang mengisahkan kisah pilu gadis desa bernama Munarsih. Sesuai dengan judul novel tersebut, Munarsih mengalami konflik batin maupun konflik lahir akibat pemerkosaan yang dialaminya. Berdasarkan paparan tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana watak, kepribadian tokoh dan nilai karakter dalam novel Srepeg Tlutur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi watak, kepribadian tokoh dan nilai karakter dalam novel Srepeg Tlutur. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra dan teknik hermeneutika. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa dan kalimat yang diduga terdapat watak, kepribadian dan nilai karakter. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik heuristik dan teknik hermeneutik. Data dianalisis dengan menggunakan teori struktur kepribadian Sigmund Freud untuk data watak dan kepribadian. Data nilai karakter dianalisis dengan kesesuaian 18 nilai karakter menurut kemendiknas. Hasil penelitian watak tokoh pada novel Srepeg Tlutur menunjukkan bahwa tokoh-tokoh dalam novel Srepeg Tlutur memiliki watak yang beragam. Hasil penelitian kepribadian, tokoh yang selalu menuruti id digambarkan oleh tokoh Munarsih, Mbok Kasihan, Diyantoro, Bu Silugangga, Marlupi, Pak Manaf, Mbok Manaf, Sukro, Esti, Linanti, Lik Jum, Pak Silugangga, dan Karyani. Kepribadian selalu menuruti superego digambarkan oleh tokoh Priyadi, kakek dan nenek Sonto, Dawam, Sodir, Kartam, Prapto, Minem, Siti, Salam, Gatot Harioto, dan Darsono. Hasil penelitian nilai karakter tokoh menunjukkan adanya nilai karakter religius, jujur, kerja keras, mandiri, demokratis, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab yang digambarkan oleh tokoh-tokoh dalam novel Srepeg Tlutur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kepribadian, Novel Srepeg Tlutur, Tokoh.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 20 Jul 2018 12:25
Last Modified: 20 Jul 2018 12:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31508

Actions (login required)

View Item View Item