KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA DAN MEDIA MUSIK BALADA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP


Rokhmannitiya Wahyuningrum , 2101412079 (2017) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PERISTIWA DAN MEDIA MUSIK BALADA DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412079.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (308kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis puisi merupakan salah satu pembelajaran yang harus dikuasai siswa kelas VIII. Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis puisi dihadapkan oleh beberapa kendala, diantaranya adalah siswa kebingungan menentukan tema, ide, dan gagasan yang akan dikembangkan menjadi puisi. Selain itu kurang efektifnya pembelajaran yang diciptakan guru juga menjadi faktor rendahnya kemampuan menulis puisi siswa. Cara mengajar guru masih monoton dalam menuampaikan materi menulis puisi, mereka masih menggunakan metode klasikal yaitu dengan metode ceramah. Guru juga tidak menggunakan media yang dapat membantu siswa untuk menulis puisi. Padahal media sangat penting bagi siswa untu pembelajaran keterampilan menulis puisi karena dapat merangsang siswa untuk berpikit kreatif dalam menulis puisi. Oleh sebab itu, solusi dari masalah tersebut yaitu berupa penggunaan media yang efektif dalam pembelajaran menulis puisi. Adapun media yang digunakan dalam pembelajaran adalah media gambar peristiwa dan media musik balada. Kedua media tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis puisi karena dapat membantu siswa dalam menemukan ide atau gagasan saat menulis puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keefektifan pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan media gambar peristiwa pada siswa kelas VIII SMP, (2) bagaimanakah keefektifan pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan media musik balada pada siswa kelas VIII SMP, dan (3) apakah terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pembelajaran keteampilan menulis puisi dengan media gambar peristiwa dan media musik balada pada siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran menulis puisi dengan media gambar peristiwa pada siswa kelas VIII SMP, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media musik balada pada siswa kelas VIII SMP, dan (3) mendeskripsikan perbedaan keefektifan pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan menggunakan media gambar peristiwa dan media msik balada pada siswa kelas VIII SMP. Desain yang digunakan dalam peneliti ini adalah eksperimen kuasi yaitu dengan desain prates-pascates kelompok statis (the static group pretest-pascatest design). Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII G dan siswa kelas VIII H SMP Negeri 5 vi Magelang. Siswa kelas VIII G merupakan kelas eksperimen I yang diperlakukan menggunakan gambar peristiwa sebagai media untuk menulis puisi, sedangkan kelas VIII H merupakan kelas eksperimen II diperlakukan menggunakan musik balada sebagai media untuk menulis puisi. Proses pembelajaran yang dilakukan di kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II adalah tes awal (pretest), perlakuan (treatment), dan tes akhir (postest). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Tes berupa praktik menulis puisi, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) media gambar peristiwa efektif digunakan untuk pembelajaran menulis puisi kelas VIII, (2) media musik balada efektif digunakan untuk pembelajaran menulis puisi kelas VIII, (3) media musik balada lebih efektif digunakan diabandingkan dengan media gambar peristiwa untuk pembelajaran menulis puisi kelas VIII. Nilai rata-rata kelas dengan menggunakan media musik balada lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelas dengan media gambar peristwa, yaitu 77.33 > 73.77. Hasil penghitungan uji-t menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 1.734 ≥ 1.67 hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media musik balada dan kelas yang menggunakan media gambar peristiwa. Berdasarkan hasil wawancara menunjukkan bahwa perbandingan respon positif antara pembelajaran menulis puisi dengan media gambar peristiwa dan media musik balada adalah 43.3% : 46.7%. Berdasarkan hasil observasi, siswa dengan penggunaan media musik balada lebih aktif daripada menggunakan media gambar peristiwa, yaitu 76% > 67%. Berdasarkan hasil penelitian, Simpulan yang dipeoleh adalah (1) media gambar peristiwa efektif digunakan untuk pembelajaran menulis puisi kelas VIII, (2) media musik balada efektif digunakan untuk pembelajaran menulis puisi kelas VIII, (3) media musik balada lebih efektif digunakan diabandingkan dengan media gambar peristiwa untuk pembelajaran menulis puisi kelas VIII. Saran yang dapat diberikan sebagai berikut. (1) dalam pembelajaran menulis puisi hendaknya guru dapat menggunakan media musik balada sebagai salah satu media yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan imajinasinya dalam menulis puisi, (2) siswa hendaknya dapat memanfaatkan media gambar peristiwa dan media musik balada sebagai sarana untuk membantu menemukan ide dalam menulis puisi agar puisi yang dibuat mempuinyai nilai estetis yang tinggi, dan (3) peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan media gambar peristiwa dan media musik balada untuk meningkatkan variabel yang lain selain itu juga diharapkan agar dapat menindaklanjuti penggunaan media gambar peristiwa dan media musik balada sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, keabsahan teori bahwa penggunaan gambar peristiwa dan musik balada dalam pembelajaran menulis puisi dapat dibuktikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media gambar peristiwa, media musik balada, keterampilan menulis puisi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 19 Jul 2018 14:32
Last Modified: 19 Jul 2018 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31504

Actions (login required)

View Item View Item