PENGARUH MOTIVASI DAN TINGKAT APRESIASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI KELAS V SDN SE-KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG


Laras Syafira , 1401413554 (2017) PENGARUH MOTIVASI DAN TINGKAT APRESIASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI KELAS V SDN SE-KECAMATAN BRINGIN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413554.pdf]
Preview
PDF
Download (752kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar seni tari dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Hasil belajar seni tari yang dipengaruhi oleh faktor internal salah satunya motivasi dan faktor eksternal salah satunya apresiasi. Motivasi memengaruhi hasil belajar seni tari. Tingginya motivasi mendorong siswa aktif mengasah kemampuan untuk memeroleh pengetahuan tentang seni tari. Pengetahuan tentang seni tari yang tinggi harus diimbangi sikap apresiasi. Guru perlu menanamkan sikap apresiasi siswa terhadap seni tari. Sikap apresiasi memudahkan siswa memeroleh hasil belajar seni tari yang baik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi dan tingkat apresiasi terhadap hasil belajar seni tari. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN se-Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang yang berjumlah 103 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, karena jumlah populasi hanya 103. Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi pedoman wawancara tidak terstruktur, kuisioner (angket), dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan angket. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas. Uji analisis akhir yang digunakan yaitu analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinasi, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan variabel bebas dalam penelitian ini memberikan pengaruh terhadap variabel terikat. Terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar seni tari siswa dengan kontribusi pengaruh sebesar 4,2%. Terdapat pengaruh apresiasi siswa terhadap hasil belajar seni tari dengan kontribusi sebesar 8,7%. Terdapat pengaruh antara motivasi dan apresiasi siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar seni tari. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu 4,891 > 3,08 dan nilai kontribusi pengaruh sebesar 8,9%. Jika nilai motivasi dan apresiasi siswa meningkat, maka hasil belajar seni tari juga akan meningkat. Guru dan pihak sekolah disarankan meningkatkan hasil belajar seni tari siswa melalui pemberian motivasi yang dilakukan secara terus menerus dan penanaman sikap apresiasi terhadap seni tari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar seni tari, motivasi, tingkat apresiasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > motivation to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 14:18
Last Modified: 19 Jul 2018 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31502

Actions (login required)

View Item View Item