KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE MELALUI MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP


Diana Afriyanti , 2101412070 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS EKSPLANASI DENGAN MODEL PICTURE AND PICTURE DAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE MELALUI MEDIA PUZZLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101412070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (318kB) | Preview

Abstract

Menyusun teks eksplanasi masih dianggap sulit oleh peserta didik karena minat mereka yang masih kurang. Kurang minatnya peserta didik dalam pembelajaran menyusun teks eksplanasi menyebabkan peserta didik belum dapat mencapai nilai ketuntasan minimal. Dalam menulis teks eksplanasi peserta didik harus menguasai sebuah konsep teks yang dipelajarinya. Peserta didik tidak mudah begitu saja dalam menangkap konsep suatu teks. Terlebih pada teks eksplanasi yang harus mengaitkannya dengan pengetahuannya sendiri mengenai peristiwa alam. Namun pada kenyataannya kegiatan menulis teks eksplanasi di sekolah kurang menanamkan dengan baik materi pembelajaran yang diajarkan. Guru meminta peserta didik untuk melakukan kegiatan menulis, padahal belum tentu peserta didik sudah memahami materi pembelajaran yang baru saja diajarkan. Selain itu terkadang guru memberikan tugas untuk menyusun suatu teks kepada peserta didik lalu menyuruhnya mengerjakan sendiri tanpa adanya proses diskusi. Hal ini tentu akan menimbulkan kejenuhan dan kebosanan bagi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Padahal belum tentu peserta didik sudah memahami mengenai materi yang baru saja diajarkan. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengubah cara yang digunakan guru dalam pembelajaran. Salah satu langkah yang dapat digunakan guru sebagai alternatif dalam pembelajaran, yaitu menggunakan model picture and picture dan model example non-example melalui media puzzle. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat signifikansi keefektifan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan model picture and picture dan model example non-example melalui media puzzle. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat signifikansi keefektifan keterampilan menyusun teks eksplanasi dengan model picture and picture dan model example non-example melalui media puzzle. vii Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen yang betulbetul atau true experimental design dengan desain pretes-posttes control group design. Sampel dalam penelitian keterampilan menyusun teks eksplanasi ini adalah peserta didik kelas VII A dan VII C SMP Negeri 1 Demak. Dalam penelitian ini digunakan dua variabel. Pertama, terdapat dua variabel bebas (X) dalam penelitian ini, yaitu model picture and picture melalui media puzzle (X1) dan model example non-example melalui media puzzle (X2). Kedua, variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah menyusun teks eksplanasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menyusun teks eksplanasi dengan model picture and picture dan model example non-example melalui media puzzle telah mencapai hasil yang optimal. Pada kelas eksperimen 1 ketuntasan mencapai 100% dengan jumlah responden 20 peserta didik. Nilai rata-rata kelas eksperimen 1 dari 71,15 menjadi 83,1 atau menjadi lebih baik 16,79%. Kelas eksperimen 2 ketuntasan mencapai 85% dengan jumlah 17 peserta didik sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM berjumlah 3 peserta didik atau 15%. Nilai rata-rata kelas eksperimen 2 dari 69 menjadi 75,9 atau menjadi lebih baik 10%. Jadi dapat dilihat bahwa nilai rata-rata peserta didik sebelum perlakuan, yaitu 71,15 pada kelas eksperimen 1 dan 69 pada kelas eksperimen 2. Setelah diberi perlakuan, nilai rata-rata peserta didik menjadi 83,1 pada kelas eksperimen 1 dan 75,9 pada kelas eksperimen 2. Selanjutnya, hasil perhitungan uji t diperoleh nilai sig.= 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan H1diterima, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata posttest antara kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan (1) guru hendaknya melakukan persiapan dan perencanaan yang matang sebelum melaksanakan pembelajaran. Guru juga diharapkan berperan aktif untuk membimbing peserta didik dalam berkelompok dan presentasi di depan kelas, (2) peserta didik hendaknya: (a) peserta didik diharapkan mendengarkan penjelasan guru dengan baik agar mudah dalam memahami materi pembelajaran dan penerapan model serta media di dalam kelas; (b) dalam berkelompok peserta didik diharapkan bekerja sama dengan baik dalam kelompoknya; dan (c) peserta didik diharapkan dapat meningkatkan percaya diri dalam mengerjakan secara individu dan dalam presentasi, dan (3) peneliti hendaknya melakukan penelitian lanjutan dari penelitian ini dengan menggunakan model dan media lain yang lebih variatif dan kreatif sehingga dapat menambah ilmu dan kualitas pendidikan di setiap sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menyusun, teks eksplanasi, model picture and picture, model example non-example dan media puzzle.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 19 Jul 2018 14:17
Last Modified: 19 Jul 2018 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31500

Actions (login required)

View Item View Item