ANALISIS PERSEPSI DAN MINAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK MATERI LAGU DAERAH DI DABIN MANGKUKUSUMAN KOTA TEGAL


Agata Yulia Christy , 1401413547 (2017) ANALISIS PERSEPSI DAN MINAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK MATERI LAGU DAERAH DI DABIN MANGKUKUSUMAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413547.pdf]
Preview
PDF
Download (652kB) | Preview

Abstract

Lagu daerah merupakan salah satu materi yang diajarkan pada pembelajaran seni musik yang masuk dalam mata pelajaran SBK. Hampir setiap daerah memiliki lagunya sendiri-sendiri sebagai gambaran kehidupan masyarakat setempat secara umum. Keberagaman lagu daerah yang dibahas dalam pembelajaran dapat menimbulkan aneka persepsi dalam diri siswa, baik persepsi positif maupun negatif. Sekarang ini, siswa cenderung menyukai atau lebih berminat untuk menyanyikan lagu pop yang memiliki sifat modern, namun hal ini tidak tepat jika dipelajari oleh anak-anak pada tingkat sekolah dasar karena seringkali lagu pop mengandung makna yang tidak sesuai dengan anak. Minat besar pengaruhnya terhadap belajar karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dan minat siswa kelas IV SD dalam pembelajaran seni musik materi lagu daerah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu persepsi dan minat siswa dalam pembelajaran seni musik materi lagu daerah. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase yang diperoleh dari sampel penelitian berjumlah 104 siswa dari populasi 140 siswa di SD Dabin Mangkukusuman Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu disproportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa dalam pembelajaran seni musik materi lagu daerah di Dabin Mangkukusuman menunjukkan kategori sedang dengan perolehan persentase sebesar 71% dengan mean 64,00. Minat siswa menunjukkan perolehan persentase sebesar 73% dengan mean 73,48 berada pada kategori tinggi. Sedangkan data hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran seni musik materi lagu daerah yang menunjukkan perolehan persentase sebesar 81% dengan mean 80,60 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa siswa di Dabin Mangkukusuman memilliki persepsi dan minat terhadap pembelajaran seni musik materi lagu daerah. Guru yang mengajar pembelajaran seni musik pada materi lagu daerah hendaknya memberikan motivasi kepada siswa agar lebih tertarik untuk belajar lagu daerah daripada lagu pop, menambah kreativitas dalam mengajarkan lagu daerah untuk anak-anak sehingga terjadi proses pembelajaran yang baik, serta mencari solusi dalam mengajarkan lagu daerah di tengah perkembangan zaman yang semakin maju, agar lagu daerah dapat lebih mudah dipahami dan diterima anak-anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Minat; Pembelajaran Seni Musik Materi Lagu Daerah ; Persepsi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > study habits
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 13:58
Last Modified: 19 Jul 2018 13:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31499

Actions (login required)

View Item View Item