ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS 3 TERHADAP STANDAR ISI


Saida Unam , 1401413546 (2017) ANALISIS KESESUAIAN MATERI BUKU TEKS PELAJARAN MATEMATIKA SD KELAS 3 TERHADAP STANDAR ISI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413546.pdf]
Preview
PDF
Download (630kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa guru dan kepala sekolah di Kecamatan Margadana, diperoleh informasi bahwa buku teks pelajaran Matematika yang banyak digunakan adalah buku teks pelajaran Cerdas Berhitung Matematika untuk SD/MI Kelas 3 karya Nur Fajariyah dan Defi Triratnawati terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional Tahun 2008. Diperoleh informasi bahwa kegiatan analisis kesesuaian materi buku teks pelajaran tersebut belum pernah dilakukan, namun ditemukan materi yang tidak sesuai dengan SK dan KD pada Standar Isi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian materi buku teks pelajaran tersebut terhadap Standar Isi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Bagaimana kesesuaian materi buku teks pelajaran Cerdas Berhitung Matematika untuk SD/MI Kelas 3 karya Nur Fajariyah dan Defi Triratnawati dengan SK 1, SK 2, SK 3, SK 4, dan SK 5?”. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan metode kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, kecukupan referensial, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan materi pada buku teks pelajaran tersebut sudah sesuai dengan Standar Isi, namun memerlukan beberapa perbaikan. Pada materi SK 1, perlu perbaikan pada aspek cakupan materi, keakuratan materi, dan ketaatan terhadap HAKI. Pada materi SK 2, perlu perbaikan pada aspek cakupan materi, keakuratan materi, dan ketaatan terhadap HAKI. Materi pada SK 3 sudah sesuai. Pada materi SK 4, perlu perbaikan pada aspek cakupan materi dan keakuratan materi. Pada materi SK 5, perlu perbaikan pada aspek keakuratan materi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan beberapa saran di antaranya (1) guru seharusnya menganalisis terlebih dahulu segala jenis sumber dan bahan ajar yang akan digunakan, (2) penulis buku teks pelajaran harus memperbaiki dan menyempurnakan buku teks pelajaran tersebut, serta (3) BSNP harus lebih cermat dalam melakukan penilaian kelayakan buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Teks Pelajaran, Matematika, Standar Isi.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2018 13:52
Last Modified: 19 Jul 2018 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31498

Actions (login required)

View Item View Item