KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN DEBONG KIDUL KOTA TEGAL
Novi Andriani , 1401413545 (2017) KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN OPEN-ENDED BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN DEBONG KIDUL KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (455kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang diajarkan di SD. Pembelajaran Pkn dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa menjadi bosan dan kurang aktif saat mengikuti pembelajaran. Metode pembelajaran open-ended berbantu media audiovisual dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran PKn. Dengan menerapkan metode pembelajaran open-ended berbantu media audiovisual, dapat mendorong siswa untuk aktif dalam pembelajaran PKn. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran open-ended berbantu media audiovisual terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi experimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VA dan VB SD Negeri Debong Kidul Kota Tegal. Sampel pada penelitian ini menggunakan semua anggota populasi (sampling jenuh), yang berjumlah 73 siswa yang terdiri dari 37 siswa dari kelas kontrol (VA) dan 36 siswa dari kelas eksperimen (VB). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Analisis statistik yang digunakan yaitu Pearson Product Moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas, uji independent samples t-test dan uji pihak kanan one sample t test untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent samples t-test, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (8,412 > 1,994) dan signifikansinya 0,000 < 0,05. Sedangkan data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,406 > 1,994) dan signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan aktivitas dan hasil belajar PKn antara siswa kelas V yang menerapkan metode pembelajaran open-ended berbantu media audiovisual dibanding yang menerapkan metode konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan rumus uji pihak kanan, data aktivitas belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (16,140 > 2,030). Sementara hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,727 > 2,030). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran open-ended berbantu media audiovisual lebih efektif terhadap aktivitas dan hasil belajar PKn siswa dibandingkan dengan yang menerapkan metode konvensional.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar; hasil belajar; metode open-ended; media audiovisual. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > L Education (General) > learning activity L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 13:43 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 13:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31497 |
Actions (login required)
View Item |