KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENELAAH DAN MEREVISI TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII
Yuni Restaji , 2101412041 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENELAAH DAN MEREVISI TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE DAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (386kB) | Preview |
Abstract
Menelaah dan merevisi teks ulasan merupakan salah satu kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013 yang harus dikuasai oleh siswa, tetapi pada praktiknya masih terdapat kekurangan baik dari segi proses dan hasil. Kekurangan pada proses pembelajaran, seperti belum adanya inovasi pada kegiatan pembelajaran dengan memanfaatkan model pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Oleh sebab itu, peneliti memberikan sebuah solusi melalui pengujian dua model pembelajaran pada teks ulasan untuk mengetahui keefektifan model yang dapat digunakan untuk proses pembelajaran. Adapun model pembelajaran yang dipilih, yaitu model model Think Pair Share (TPS) dan Model Student Team Achievement Division (STAD). Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana keefektifan pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan dengan model Think Pair Share pada peserta didik SMP kelas VIII?(2) Bagaimana keefektifan pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan dengan model Student Team Achievement Division pada peserta didik SMP kelas VIII? (3) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan dengan model Think Pair Share (TPS) dan model Student Team Achievement Division(STAD)? Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keefektifan pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan dengan model Think Pair Share pada siswa kelas VIII, menjelaskan keefektifan pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan dengan model Student Team Achievement Division pada siswa kelas VIII, dan Menjelaskan perbedaan antara hasil pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan dengan model Think Pair Sharedan model Student Team Achievement Division. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII A di SMP Negeri 1 Juwana dan kelas VIII B di SMP Negeri 3 Pati tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode ekperimen dengan desain penelitian pretest-posttest experiment group design. Skenario yang dijalankan yaitu kelas VIII A menjadi iii kelas eksperimen 1 dengan diberikan perlakuan dengan model Think Pair Share (TPS) sedangkan kelas VIII B menjadi kelas eksperimen 2 dengan diberikan perlakuan dengan model Student Team Achievement Division(STAD). Pada prinsipnya, perlakuan yang dilakukan terhadap kedua kelompok, yaitu tes awal (pretest), perlakuan (treatment), dan tes akhir (posttest). Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan nontes. Instrumen tes berupa tes menelaah dan merevisi teks ulasan, dan instrumen nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kelas yang menggunakan model Student Team Achievement Division(STAD) dalam pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan lebih baik dibandingkan dengan kelas yang menggunakan modelThink Pair Share(TPS). Hambatan yang terjadi selama pelaksanaan pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan pada kelas yang menggunakan modelStudent Team Achievement Division lebih sedikit dibandingkan dengan kelas yang menggunakan model Think Pair Share. Hasil pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan menggunakan model Student Team Achievement Divisionlebih efektif dibanding hasil pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasanmenggunakan model Think Pair Share. Hasil ini berdasarkan uji t yang telah dilakukan pada kedua kelas tersebut. Uji perbedaan dua rata-rata (uji t) antara kelas Think Pair Sharedengan kelasStudent Team Achievement Division diketahui hasilnya dengan nilai thitung>ttabel, yaitu-2,103 >-2,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelasThink Pair Sharedengan kelasStudent Team Achievement Division. Model Student Team Achievement Division(STAD) lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan dibandingkan model Think Pair Share (TPS). Berdasarkan penelitian tersebut, saran yang diberikan anatara lain (1) siswa hendaknya lebih semangat dalam setiap kegiatan pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan, (2) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan model Student Team Achievement Division(STAD) dalam pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasankarena sudah diuji keefektifannya dibandingkan dengan model Think Pair Share (TPS) dan (2) Peneliti di bidang bahasa dan sastra Indonesia hendaknya menggunakan model pembelajaran yang lain untuk lebih mengembangkan, meningkatkan, dan mengembangkan inovasipada pembelajaran menelaah dan merevisi teks ulasan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menelaah dan merevisi teks ulasan, modelThink Pair Sharedan Model Student Team Achievement Division. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 19 Jul 2018 13:37 |
Last Modified: | 19 Jul 2018 13:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31496 |
Actions (login required)
View Item |