PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI PADA BASIS TRANSAKSI PELELANGAN IKAN MASYARAKAT PESISIR YANG BERMUATAN NILAI-NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA/SMK
Isma Ayu Fitriyani , 2101412004 (2017) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN MENGANALISIS TEKS NEGOSIASI PADA BASIS TRANSAKSI PELELANGAN IKAN MASYARAKAT PESISIR YANG BERMUATAN NILAI-NILAI HUMANISTIK UNTUK PESERTA DIDIK SMA/SMK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (359kB) | Preview |
Abstract
Negara Indonesia memiliki 2/3 wilayah lautan dan 1/3 wilayah daratan. Oleh sebab itu, masyarakat dunia lebih mengenal negara Indonesia sebagai negara maritim. Walaupun demikian, kekayaan Indonesia belum mampu menopang pembangunan dan ekonomi masyarakat dari berbagai aspek. Hal tersebut dikarenakan adanya eksploitasi yang merugikan, terutama dampaknya terhadap lingkungan pesisir. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi eksploitasi secara berkelanjutan dan terus-menerus, maka masyarakat Indonesia perlu menanamkan nilai humanistik dalam kehidupan sehari-hari. Adapun upaya penanaman nilai humanistik dapat dilakukan dengan cara menerapkan konsep konservasi yang menjadi tujuan utama pemerintah, yaitu dengan cara melestarikan, mempertahankan, dan memelihara secara bijak. Dalam upaya mengenakan kembali masyarakat dengan budaya maritim dan nilai humanistik, dapat dilakukan melalui pendidikan, dengan cara yang ditempuh melalui buku pengayaan. Buku menjadi hal terpenting dalam pembelajaran, akan tetapi ketersediaan buku di lapangan yang mengusung budaya kemaritiman dan muatan nilai humanistik sebagai tema utama yang dimuat dalam teks negosiasi, belum ada. Padahal, melalui teks negosiasi, peserta didik diajarkan bagaimana cara berinteraksi dengan sesama, melalui proses tawar-menawar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana karakteristik kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan menganalisis teks negosiasi pada basis transaksi pelelangan ikan masyarakat pesisir yang bermuatan humanistik untuk peserta didik SMA/SMK, (2) bagaimana pengembangan buku pengayaan menganalisis teks negosiasi pada basis transaksi pelelangan ikan masyarakat pesisir yang bermuatan humanistik untuk peserta didik SMA/ SMK, dan (3) bagaimana penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menganalisis teks negosiasi pada basis transaksi pelelangan ikan masyarakat pesisir yang bermuatan humanistik untuk peserta didik SMA/ SMK. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, peneliti memiliki tujuan untuk vii mengetahui karakteristik kebutuhan peserta didik dan guru terhadap buku pengayaan menganalisis teks negosiasi, mengetahui pengembangan buku pengayaan menganalisis teks negosiasi, dan mengetahui penilaian ahli terhadap prototipe buku pengayaan menganalisis teks negosiasi yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R &D) yang dilakukan dalam enam tahapan, yaitu survey pendahuluan, awal pengembangan prototipe buku pengayaan, desain produk, validasi produk, revisi dan perbaikan produk, serta deskripsi hasil penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik, guru dan ahli. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan pedoman wawancara. Analisis data yang dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan dan simpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh, (1) berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik dan guru yaitu membutuhkan buku pengayaan menganalisis teks negosiasi yang menarik, memudahkan dalam pembelajaran, pengenalan muatan humanistik jelas dan sesuai, struktur penyajian sesuai dengan pemahaman, bahasa mudah dipahami, dan praktis. (2) pengembangan prototipe disusun berdasarkan prinsipprinsip penyusunan, yaitu isi buku memuat penjelasan mengenai teks negosiasi, menganalisis, analisis Dell Hymes, cara menganalisis; penyajian materi terdiri atas tiga bagian yaitu pendahuluan, isi, dan penutup, berdasarkan hasil kebutuhan peserta didik dan guru; penggunaan bahasa disesuaikan dengan tingkat keterbacaan dan pemahaman peserta didik; grafika buku pengayaan disesuaikan berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru. (3) penilaian yang didapat yaitu aspek bagian awal buku nilai rata-rata 68,75 (kategori baik), aspek bagian isi buku nilai rata-rata 74,40 (kategori baik), dan aspek bagian akhir buku nilai rata-rata 70,45 (kategori baik). Perbaikan terhadap prototipe buku pengayaan menganalisis teks negosiasi pada transaksi pelelangan ikan masyarakat pesisir yang bermuatan nilai humanistik meliputi penggunaan bahasa yang lebih interaktif, perbaikan tata tulis, pengimplementasian nilai humanistik dan budaya pesisir lebih ditonjolkan, tata tulis judul pada sampul lebih ditonjolkan, kesesuaian ilustrasi dengan materi, dan penyederhanaan warna agar lebih menarik. Saran yang diberikan peneliti yaitu guru dan peserta didik hendaknya menggunakan buku pengayaan menganalisis teks negosiasi sebagai bahan ajar dalam pembelajaran menganalisis teks negosiasi di kelas, buku pengayaan menganalisis teks negosiasi perlu dipelajari secara utuh, perlu diadakan pengembangan terhadap bahan ajar menganalisis teks negosiasi, dan perlu dilakukannya penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitas buku pengayaan menganalisis teks negosiasi tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku pengayaan, menganalisis teks negosiasi, transaksi pelelangan ikan, masyarakat pesisir, nilai humanistik. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Kharisma Adhi Arya |
Date Deposited: | 18 Jul 2018 17:19 |
Last Modified: | 18 Jul 2018 17:19 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31492 |
Actions (login required)
View Item |