PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL BERMAIN PERAN PADA SISWA SMP


Sylvia Ratriasari Wibowo , 2101411139 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN MENGGUNAKAN VIDEO TUTORIAL BERMAIN PERAN PADA SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411139.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (218kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sebagai sarana dalam mengajarkan keterampilan bermain peran pada siswa SMP sangan dibutuhkan, hal ini dikarenakan penggunaan teknologi sudah bukan merupakan hal yang sulit diterima siswa. Selama ini pembelajaran bahasa Indonesia yang disampaikan oleh guru lebih banyak menerangkan teori dari pada praktik. Seorang guru bertugas untuk bisa menggunakan berbagai macam media pembelajaran yang bisa digunakan untuk menunjang pembelajaran di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) media pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran bermain peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa, (2) desain atau prototipe video tutorial cara bermain peran pada siswa SMP, (3) penilaian dan saran perbaikan oleh ahli dan guru terhadap desain atau prototipe video tutorial cara bermain peran pada siswa, (4) perbaikan oleh peneliti terhadap desain atau prototipe video tutorial cara bermain peran pada siswa kelas. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kebutuhan guru dan siswa terhadap video cara bermain peran, (2) menghasilkan desain atau prototipe video cara bermain peran, (3) mendeskripsi penilaian dan saran perbaikan oleh ahli dan guru terhadap desain atau prototipe video cara bermain peran, (4) menghasilkan perbaikan oleh peneliti terhadap desain atau prototipe video cara bermain peran. Dalam mengembangkan video tutorial bermain peran, langkahlangkah penelitian Research and development (R&D) direduksi hanya sampai pada proses revisi desain. Tahapan penelitian ini terdiri atas (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap desain produk, (3) tahap validasi desain, (4) tahap perbaikan. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII dari SMP Kebon Dalem Semarang, SMP Negeri 40 Semarang, SMP Salomo 1 Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kebutuhan, dan angket uji validasi. Setelah melakukan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) siswa maupun guru membutuhkan media pembelajaran bermain peran, yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi bermain peran, dan memudahkan siswa menyerap materi yang ada. Video tutorial bermain peran berisi materi bermain peran dan contoh pengadeganan; (2) video tutorial bermain peran dibuat dengan durasi 14 menit; (3) penilaian ahli dan guru pada aspek sampul dan kemasan media adalah 3,125 dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain peran, video tutorial.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 18 Jul 2018 14:17
Last Modified: 18 Jul 2018 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31491

Actions (login required)

View Item View Item