PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS BERKENAAN DENGAN KEGIATAN SEKOLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA PERMAINAN DADU PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-A MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2016/2017


Khudaidiyatusy Syarifah , 2101411044 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT DINAS BERKENAAN DENGAN KEGIATAN SEKOLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN MEDIA PERMAINAN DADU PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-A MTs AL IRSYAD GAJAH DEMAK TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (519kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis surat dinas peserta didik kelas VIII-A MTs Al Irsyad Gajah Demak tergolong masih rendah. Berdasarkan hasil pembelajaran menulis surat dinas sebelumnya, persentase ketuntasan yang diperoleh hanya mencapai 38% dari 36 peserta didik. Hal tersebut muncul karena peserta didik belum menguasai materi surat dinas dan kurang memahami ejaan dan tanda baca serta bahasa baku. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah meningkatkan keterampilan menulis surat dinas menggunakan inovasi baru dalam pembelajaran seperti model dan media pembelajaran yang menarik. Dengan demikian, tujuan pembelajaran dapat dicapai secara optimal. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran menulis surat dinas melalui model snowball throwing dengan media permainan dadu, bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis surat dinas melalui model snowball throwing dengan media permainan dadu, dan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII-A MTs Al Irsyad Gajah Demak setelah dilakukan pembelajaran menulis surat dinas melalui model snowball throwing dengan media permainan dadu? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran, mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis surat dinas, dan mendeskripsikan perubahan perilaku peserta didik kelas VIII-A MTs Al Irsyad Gajah demak melalui model snowball throwing dengan media permainan dadu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan, masing-masing pertemuan terdapat empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis surat dinas pada peserta didik kelas VIII-A MTs Al Irsyad Gajah Demak yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes menulis surat dinas, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Pada proses pembelajaran keterampilan menulis surat dinas, peneliti melakukan perbaikan dari siklus ke siklus untuk memperbaiki kualitas proses pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terciptanya situasi pembelajaran yang efektif, kondusif, dan intensif dalam proses pembelajaran menulis surat dinas peserta didik kelas VIII-A MTs Al Irsyad Gajah Demak melalui vii model snowball throwing dengan media permainan dadu. Proses pembelajaran mengalami perubahaan ke arah yang lebih baik atau positif. Peserta didik menjadi lebih percaya diri dan dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran menulis surat dinas. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase rata-rata dari siklus I sebesar 65% menjadi 87,77% atau meningkat sebesar 22,77%. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui nilai rata-rata hasil tes keterampilan menulis surat dinas mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 71,69 atau 55%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 81,17 atau 83,33%. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 28,33%. Perubahan perilaku peserta didik dari siklus I ke siklus II juga mengalami perubahan ke arah positif. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan rata-rata sikap tanggung jawab, toleransi, dan percaya diri dari siklus I ke siklus II. Saran peneliti kepada guru bahasa dan sastra Indonesia agar menggunakan model snowball throwing dengan media permainan dadu dalam pembelajaran menulis surat dinas karena terbukti meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis surat dinas. Selain itu, bagi peneliti lain hendaknya melakukan penelitian lanjutan terkait keterampilan menulis surat dinas dengan model, metode, teknik atau media pembelajaran lain yang lebih kreatif dan inovatif sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis surat dinas, model snowball throwing, media permainan dadu
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 17 Jul 2018 19:11
Last Modified: 17 Jul 2018 19:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31489

Actions (login required)

View Item View Item