PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP NEGERI 02 KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Dheni Nidiyalinda Anggriani , 2101411029 (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII E SMP NEGERI 02 KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101411029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (275kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi keterampilan menceritakan kembali teks fabel secara tertulis pada peserta didik kelas VII E SMP N 2 Kaliwungu masih tergolong rendah, masih terdapat peserta didik yang belum menguasai KD menceritakan kembali karena pembelajaran sastra kurang diminati oleh peserta didik. Peserta didik masih merasa kesulitan dalam mengingat urutan peristiwa yang terdapat dalam teks fabel. Peserta didik dalam menceritakan kembali teks fabel secara tertulis masih banyak ditemukan kesalahan penulisan seperti penggunaan ejaan dan tanda baca. Nilai rata-rata peserta didik kelas VII E SMP N 2 Kaliwungu dalam menceritakan kembali teks fabel sebesar 69, hanya 8 peserta didik yang nilai berceritanya sudah mencapai standar ketuntasan minimal yaitu 76. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu (1) proses pembelajaran, (2) perubahan sikap religius peserta didik (3) perubahan sikap sosial peserta didik, dan (4) peningkatan keterampilan menceritakan kembali teks fabel secara tertulis menggunakan model picture and picture Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan proses pembelajaran, (2) mendeskripsikan perubahan sikap religius (3) mendeskripsikan perubahan sikap sosial, dan (4) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menceritakan kembali teks fabel secara tertulis menggunakan model picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menceritakan kembali teks fabel pada peserta didik kelas VII E SMP N 2 Kaliwungu tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes berupa menceritakan kembali teks fabel secara tertulis, sedangkan nontes berupa observasi, wawancara, jurnal guru, angket siswa dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data tes dapat diketahui keterampilan menceritakan kembali teks fabel kelas VII E SMP N 2 Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun ajaran 2016/2017 setelah dilakukan pembelajaran menceritakan kembali teks fabel dengan menggunakan model picture and picture terbukti mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu pada siklus I mencapai 63,96% menjadi 86,49% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 22,53%. Peningkatan perubahan sikap religius dan sikap sosial menunjukkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik. Perubahan sikap religius pada siklus I iii mencapai 97,29% meningkat menjadi 100% pada siklus II, mengalami peningkatan sebesar 2,71%. Presentase sikap sosial pada siklus I sebesar 91,2% menjadi 100%, mengalami peningkatan sebesar 8,8%. Presentase ketercapaian klasikal pada siklus I mencapai 54,05% hal ini masih kurang dari batas ketuntasan minimal yang ditentukan. Pada siklus II presentase ketercapaian klasikal mencapai 91,88% dan sudah mencapai batas ketuntasan yang ditentukan. Peningkatan keterampilan menceritakan kembali teks fabel secara tertulis dari siklus I ke siklus II sebesar 67,56%. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyampaikan saran kepada kepada (1) Guru mata pelajaran bahasa Indonesia hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran. Salah satunya menggunakan model pembelajaran picture and picture yang dapat memudahkan peserta didik dalam kompetensi menceritakan kembali teks fabel secara tertulis. Model picture and picture telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menceritakan kembali teks fabel dan membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Dengan model ini, juga berpengaruh pada perubahan perilaku peserta didik. Peserta didik yang perilakunya menyimpang dapat berubah ke arah yang lebih baik. (2) siswa hendaknya bisa memanfaatkan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran yang akan datang. Dengan berdiskusi kelompok siswa mampu bekerjasama dalam menuangkan ide dan pengalaman belajar sehingga ketika mengalami kesulitan belajar dapat meminta bantuan dari siswanyang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menceritakan kembali, teks fabel, model pembelajaran picture and picture.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 17 Jul 2018 19:06
Last Modified: 17 Jul 2018 19:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31488

Actions (login required)

View Item View Item