PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA STOP MOTION DENGAN TEKNIK FASTWRITING PADA SISWA KELAS XI JASA BOGA SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG


Desti Natalia , 2101409116 (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MENGGUNAKAN MEDIA STOP MOTION DENGAN TEKNIK FASTWRITING PADA SISWA KELAS XI JASA BOGA SMK BAGIMU NEGERIKU SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2101409116.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (313kB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas XI Jasa Boga SMK Bagimu Negeriku Semarang perlu ditingkatkan karena siswa masih merasa kesulitan untuk mengungkapkan ide awal menulis. Selain itu, hasil belajar siswa khususnya karangan narasi masih di bawah KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Maka, dalam upaya mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu inovasi baru dalam pembelajaran menulis karangan narasi dengan pemilihan media pembelajaran yang menarik dan teknik yang bervariasi. Langkah tersebut digunakan agar proses pembelajaran di kelas dapat tercapai dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, peningkatan keterampilan menulis karangan narasi, dan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan media stop motion dengan teknik fastwriting pada siswa kelas XI Jasa Boga SMK Bagimu Negeriku Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan batas ketuntasan minimal 75. Tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media stop motion dengan teknik fastwriting siswa kelas XI Jasa Boga SMK Bagimu Negeriku Semarang yang berjumlah 24 siswa. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel keterampilan menulis karangan narasi dan variabel media stop motion dengan teknik fastwriting. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. ii Proses pembelajaran menulis karangan narasi kelas XI Jasa Boga SMK Bagimu Negeriku Semarang menggunakan media stop motion dengan teknik fastwriting tercipta situasi pembelajaran yang intensif, kondusif dan menyenangkan. Hasil tes keterampilan menulis karangan narasi mengalami peningkatan sebesar 15,61, atau sebesar 11,4 %, dibuktikan pada siklus I nilai rata-rata sebesar 68,22 kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,83. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi juga diikuti dengan perubahan sikap siswa ke arah yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keterampilan menulis karangan narasi menggunakan media stop motion dengan teknik fastwriting pada siswa kelas XI Jasa Boga SMK Bagimu Negeriku Semarang mengalami peningkatan. Untuk itu, saran kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan media stop motion dan teknik fastwriting sebagai salah satu media dan teknik dalam pembelajaran menulis karangan narasi sehingga siswa menjadi lebih aktif berlatih dalam menulis, terutama dalam menulis karangan narasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan narasi, media stop motion, teknik fastwriting
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 17 Jul 2018 13:05
Last Modified: 17 Jul 2018 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31486

Actions (login required)

View Item View Item