HUBUNGAN MINAT DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DWARAWATI BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Moch. Andi Kurniawan , 1401413540 (2017) HUBUNGAN MINAT DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS DWARAWATI BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413540.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar dipengaruhi adanya minat belajar yang kuat dan cara belajar yang benar. Peran guru dalam memelihara minat belajar siswa dan membantu siswa belajar dengan benar menjadi faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa. Siswa yang mempunyai minat belajar yang kuat disertai dengan cara belajar yang benar akan meningkatkan presentase hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk menguji hubungan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa, hubungan cara belajar dengan hasil belajar IPS siswa dan hubungan minat dan cara belajar dengan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi yaitu siswa kelas V SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang berjumlah 155 siswa. Tehnik sampel yang digunakan adalah tehnik kuota sampling dengan 46 responden. Variabel penelitian meliputi minat belajar dan cara belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar IPS sebagai variabel terikat. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, kolerasi product moment, dan koefisien determinasi (KP). Hasil analisis data menggunakan rumus Product Moment dan bantuan program SPSS 23 diperoleh: 1) hasil hitung > tabel (0,854 > 0,291) termasuk kategori sangat kuat; 2) hasil hitung > tabel (0,803 > 0,291) termasuk kategori sangat kuat; 3) hasil hitung > tabel (0,891 > 0,291) termasuk kategori sangat kuat; 4) besar koefisien determinasi (KP) = 0,793881, ini berarti kontribusi tminat belajar dan cara belajar terhadap hasil belajar IPS siswa adalah 79% dan sisanya 21% disumbang oleh faktor-faktor lain. Simpulan penelitian ini yaitu: 1) ada bungan minat belajar dengan hasil belajar IPS siswa; 2) ada hubungan cara belajar dengan hasil belajar IPS siswa; 3) ada hubungan minat dan cara belajar siswa dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang. Saran hendaknya sekolah melalui guru membantu memelihara minat belajar siswa dan membantu siswa menemukan cara belajar yang efektif dan efisien. Diharapkan seluruh siswa memiliki minat belajar yang kuat dan menjalankan cara belajar yang efektif dan efisisen agar siswa dapat meraih hasil belajar yang optimal terutama pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cara belajar siswa, hasil belajar IPS, minat belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > L Education (General) > Interest to Learn
L Education > L Education (General) > how to learn
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 14:35
Last Modified: 16 Jul 2018 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31484

Actions (login required)

View Item View Item