ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 2 KOTA TEGAL


Laksita Adi Prabawani , 1401413534 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN PORTOFOLIO PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 2 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413534.pdf]
Preview
PDF
Download (752kB) | Preview

Abstract

Penilaian portofolio merupakan salah satu jenis penilaian yang digunakan di SD. Portofolio adalah kumpulan dokumen, tugas, atau hasil pekerjaan peserta didik. Penelitian ini terfokus pada pelaksanaan penilaian portofolio di kelas IV SD Negeri Kejambon 2 Kota Tegal. Tujuan penelitian ini yaitu, mengetahui sejauh mana pengetahuan guru kelas IV dalam penilaian portofolio, mengetahui pelaksanaan penilaian portofolio di kelas IV SD Negeri Kejambon 2, dan mengetahui kendala apa yang ditemui guru kelas IV selama melaksanakan penilaian portofolio. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV SD Negeri Kejambon 2 Kota Tegal. Sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive dengan pertimbangan dan tujuan tertentu, kepada orang-orang yang dianggap tahu tentang situasi yang akan diteliti. Sumber data dalam penelitian ini meliputi narasumber atau informan dan arsip atau dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan uji keabsahan data menggunakan uji credibility. Uji credibility pada penelitian ini menggunakan triangulasi dan member cek. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, pengetahuan guru mengenai penilaian portofolio sudah bagus, guru telah mengetahui hal-hal dasar yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam melaksanakan penilaian portofolio. Dengan pengetahuan tersebut, akan membantu guru dalam mengaplikasikan penilaian portofolio di kelas. Pelaksanaan penilaian portofolio yang dilaksanakan guru kelas IV secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik dan guru telah melaksanakan penilaian sesuai dengan kriteria yang harus dipenuhi. Kendala dalam pelaksanaan penilaian portofolio, meliputi: (1) waktu yang dibutuhkan lebih lama; (2) penilaian yang rumit; (3) kurangnya kerjasama dengan peserta didik; dan (4) tempat penyimpanan hasil portofolio peserta didik kurang memadai. Guru perlu lebih memahami mengenai pelaksanaan penilaian portofolio agar dalam pelaksanaannya, berjalan lebih baik lagi, sehingga hambatan yang muncul dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Portofolio.
Subjects: L Education > Educational Institutions > portfolio assessment
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 14:25
Last Modified: 16 Jul 2018 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31482

Actions (login required)

View Item View Item