HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN KELENGKAPAN SARANA PENDIDIKAN DI KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS BOUGENVIL KOTA SEMARANG


Alfida Noor Fadlilah , 1401413529 (2017) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJELASKAN DAN KELENGKAPAN SARANA PENDIDIKAN DI KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS BOUGENVIL KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413529.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, beberapa faktor diantaranya adalah keterampilan mengajar guru dan kelengkapan sarana pendidikan. Guru yang menguasai keterampilan menjelaskan dan sarana pendidikan yang lengkap sangat membantu siswa dalam menerima pelajaran saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya hubungan keterampilan menjelaskan dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Bougenvil Kota Semarang, menguji ada tidaknya hubungan kelengkapan sarana pendidikan dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Bougenvil Kota Semarang dan menguji adakah hubungan keterampilan menjelaskan dan kelengkapan sarana pendidikan secara bersama-sama dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Bougenvil Kota Semarang. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Populasi penelitian ini yaitu terdapat 159 siswa kelas V SDN Gugus Bougenvil Kota Semarang. Pengambilan sampel dengan menggunakan Probaliti Sampling yaitu Simple Random Sampling diperoleh 52 siswa. Teknik pengumpulan data , observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data awal atau uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas . Sedangkan analisis data akhir yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis product moment. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan tabel model summary besarnya hubungan antara keterampilan menjelaskan dan sarana pendidikan terhadap hasil belajar adalah 0,408 dan 0,687. Dan kontribusi variabel keterampilan menjelaskan dan sarana pendidikan terhadap hasil belajar adalah 40,8% dan 68,7%.Sedangkan 59,2% dan 31,3% ditentukan oleh variabel yang lain. Serta diperoleh nilai probabilitas (sig.F change) = 22,121. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilan menjelaskan dan kelengkapan sarana pendidikan dengan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Gugus Bougenvil Kota Semarang. Penelitian ini untuk menigkatkan pengetahuan tentang kelengkapan sarana pendidikan dan hubungannya dengan hasil belajar siswa, menjadikan peringatan bagi pihak sekolah tentang pentingnya meningkatkan keterampilan mengajar guru khususnya keterampilan menjelaskan, dan untuk melengkapi sarana pendidikan yang ada di sekolah. Serta menjadikan peringatan bagi guru untuk barusaha meningkatkan kualitas diri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Sarana Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
L Education > Educational Institutions > learning facilities
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 14:16
Last Modified: 16 Jul 2018 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31480

Actions (login required)

View Item View Item