HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWARAWATI BANYUMANIK KOTA SEMARANG


Agus Arif Wicaksono , 1401413523 (2017) HUBUNGAN INTERAKSI EDUKATIF DAN KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN GUGUS DWARAWATI BANYUMANIK KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413523.pdf]
Preview
PDF
Download (823kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam belajar tidak lepas dari adanya interaksi dan kedisiplinan. Dengan adanya interaksi dan kedisiplinan siswa akan lebih aktif ketika pembelajaran, dengan disertai disiplin waktu yang tepat akan meningkatkan presentase keberhasilan belajar. Permasalahan yang diperoleh peneliti pada siswa kelas V menunjukkan tidak semua siswa aktif bertanya jawab dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu kedisiplinan dalam mengerjakan tugas masih beragam, ada siswa yang terkadang lupa mengerjakan PR dan mencontek saat ulangan. Rumusan masalah yang digunakan yaitu: apakah ada hubungan yang signifikan antara interaksi edukatif dan kedisiplinan dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang? Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi ada hubungan yang signifikan antara interaksi edukatif dan kedisiplinan dengan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan populasi yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Dwarawati Banyumanik Kota Semarang berjumlah 155 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik kuota sampling dengan 46 responden. Variabel penelitian meliputi interaksi edukatif dan kedisiplinan sebagai variabel bebas dan hasil belajar bahasa Indonesia sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji linieritas. Analisis data akhir menggunakan analisis korelasi sederhana, analisis korelasi ganda, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menggunakan rumus Product Moment dan bantuan program SPSS 21 diperoleh: 1) hasil hitung > tabel (0,808 > 0,291) termasuk kategori sangat kuat; 2) hasil hitung > tabel (0,808 > 0,291) termasuk kategori sangat kuat; 3) hasil hitung > tabel (0,851 > 0,291) termasuk kategori sangat kuat; 4) besar koefisien determinasi (KP) = 0,725, ini berarti kontribusi interaksi edukatif dan kedisiplinan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa adalah 72,5% dan sisanya 27,5% disumbang oleh faktor-faktor lain. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara interaksi edukatif dan kedisiplinan dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Saran dari peneliti yaitu agar guru dapat meciptakan interaksi edukatif yang baik di dalam kelas serta dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: interaksi edukatif; kedisiplinan; hasil belajar; bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 13:20
Last Modified: 16 Jul 2018 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31476

Actions (login required)

View Item View Item