PENGEMBANGAN MEDIA POPSCRAP BOOK PADA MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


Novita Fapriyani , 1401413522 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA POPSCRAP BOOK PADA MUATAN IPS TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413522.pdf]
Preview
PDF
Download (800kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data pra penelitian di SDN Tambakaji 05 Semarang ditemukan permasalahan dalam pembelajaran IPS kelas IVA yaitu minimnya materi muatan IPS tema Indahnya Kebersamaan KD 3.2 memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia. Selain itu, penggunaan media terbatas pada gambar sederhana yang disebabkan sarana prasarana berbasis IT belum menjangkau seluruh kelas, serta kurangnya ketersediaan buku penunjang sumber belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hal tersebut mendorong peneliti untuk mengembangkan media popscrap book yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar penunjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanggapan guru dan siswa terhadap media popscrap book, menjelaskan prosedur pengembangan media popscrap book pada muatan IPS Tema Indahnya Kebersamaan kelas IV SD, mengetahui kelayakan media, dan menguji keefektifan penggunaan media. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development dengan menggunakan desain yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan dalam sembilan tahap yaitu, (1) survei pendahuluan, (2) pengumpulan data, (3) pengembangan desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba awal, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas IVA SDN Tambakaji 05 Semarang dan guru kelas IVA SDN Tambakaji 05 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pengembangan media berdasarkan pada angket kebutuhan guru dan siswa, (2) penilaian kelayakan media oleh tim ahli termasuk dalam kriteria sangat baik, dan (3) hasil analisis t-test menunjukkan perbedaan rata-rata pretest dan posttest sebesar 25,333, serta terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu hasil uji N-gain 0,430 termasuk dalam kriteria sedang. Peningkatan hasil belajar siswa didukung dengan rata-rata nilai keterampilan sebesar 78,5 atau “Baik”. Simpulan penelitian ini yaitu media popscrap book efektif digunakan dalam pembelajaran IPS tema Indahnya Kebersamaan. Saran penelitian selanjutnya media popscrap book dapat dikembangkan sebagai media berseri yang mengulas keragaman budaya dari provinsi lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ilmu Pengetahuan Sosial; popscrap book; tema indahnya kebersamaan
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Learning Outcomes
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2018 13:17
Last Modified: 16 Jul 2018 13:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31475

Actions (login required)

View Item View Item