HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DAN TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA PATI


Dwi Putri Wulandari , 1401413520 (2017) HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DAN TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS III SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413520.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tugas mendidik tidak hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah tetapi orang tua juga ikut bertanggung jawab, terlebih yaitu perkembangan anak. Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik. Anak perlu dilatih untuk mengembangkan karakternya. Orang tua merupakan pendidik utama dan pertama bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan pola asuh dan tingkat pendidikan formal orang tua dengan kedisiplinan siswa kelas III SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Pati. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantiatatif. Variabel dalam penelitian ini yaitu pola asuh dan tingkat pendidikan formal orang tua sebagai variabel bebas dan kedisiplinan siswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Dadirejo 01, SDN Langenharjo 01 dan SDN Penambuhan 01 dengan jumlah keseluruhan 56 siswa. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel cluster random.Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah statistik deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data, dapat dikatakan bahwa siswa kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Pati mendapat pola asuh orang tua dengan kategori cukup baik baik 72% dengan rata-rata skor 66,82, tingkat pendidikan orang tua dengan kategori sedang 33,9% dengan rata-rata skor sebesar 66,82 dan kedisiplinan siswa dalam kategori cukup baik 76,4% dengan rata-rata skor 73,57. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua dengan kedisiplinan siswa kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Pati hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai rhitung yaitu 0,976 dan nilai signifikansi 0,000. Dan hubunganpola asuh dan tingkat pendidikan orang tua dengan kedisiplinan siswa yaitu sebesar 53,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang positif antara pola asuh dan tingkat pendidikan orang tua dengan kedisiplinan siswa kelas III SD Negeri di Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Pati. Saran dalam penelitian adalah orang tua diharapkan dapat meningkatkan pola asuh demokrasidan mengutamakan pendidikan sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kedisiplinan; pola asuh;tingkat pendidikan formal
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2018 14:54
Last Modified: 15 Jul 2018 14:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31474

Actions (login required)

View Item View Item